Buah-buahan Yang [Mungkin] Hanya Ada di Kalimantan

17:15:00

Holaaa pemirsaaah yg unyu-unyu, kali ini gue si manusia setengah lumba-lumba akan sedikit membahas tentang buah-buahan yg cukup terkenal di Kalimantan tapi tak cukup terkenal di dunia lain. Menurut survey abal-abal yg gue lakukan beserta temen-temen gue, jadi gue pastikan buah-buahan ini hanya ada dan hanya bisa tumbuh subur trus membina rumah tangga yg sakinah mawadah warohmah di Kalimantan, jadi jgn harap anda bisa menemukan nih buah di wilayah terluar Kalimantan.. #survey tidak membuktikan..

Sebelum gue masuk ke pokok permasalahan, gue terangkan secara gamblang dulu bahwa yg kita bahas kali ini bener-bener tentang buah-buahan yg [mungkin] hanya ada di Kalimantan pemirsah, jadi gue tidak akan mbahas tentang buatukmu, buapakmu, budemu, bulekmu, apalagi sampe harus mbahas buah [titik-titik waw] walaupun buah yg satu ini emank idaman setiap para cowo-cowo diseluruh dunia seeh.. #please, jgn otak mesum..

Udah udah udah, lah kok malah melenceng jauh nih pembahasan, langsung aja deh yah, ini lah ketiga buah yg [mungkin] hanya ada di Kalimantan, menuju ke katepeh, eeh tekape dibawah ini pemisaaah.. 

----------||----------

[1] Cempedak

tampak luar

tampak dalam dan isi buah cempedak

Buah ini bentuknya didaulat mirip dgn buah nangka, tapi masih lebih besaran nangka karena nangka buahnya bisa segede tabung gas 12 kg, sedangkan cempedak yg paling besar hanya seukuran boneka barbie yg sedang mengalami kelebihan berat badan. Ciri lain yg bisa kita temui dari buah cempedak ini ialah dari baunya yg khas dan tajem banget, bahkan mengalahkan tajamnya bau buah durian dan juga mengalahkan tajamnya acara infotainment "silet".. #eeeh..

Buah cempedak hanya berbuah setaon sekali dan kalo udah lagi musimnya nih buah, dapat dipastikan harganya akan menurun tajam, dgn duit cuman 5 ribu perak maka kita sudah bisa menikmati nih buah. Buah ini dapat langsung dimakan dgn cara membelah kulit terluarnya dulu dgn pisau lalu kita nikmati deh isinya. Selain dimakan langsung, isi buah ini juga dapat dibuat menjadi seperti layaknya pisang goreng tepung, tergantung yg mengantung dan pintar-pintar kalian mengkreasikan nih buah..

Eitsss tunggu dulu, karena orang Kalimantan cenderung kreatif konsumtif, biasanya bukan hanya isi buahnya aja yg dinikmati, tapi kulitnya juga bisa dinikmati dgn cara merendam kulit nih buah dgn air garem selama 1 hari, inget loh yah, air garem pemirsah, bukan air comberan apalagi air bekas cucian, terlebih sangat dilarang keras menggunakan air bekas rendaman sempak kalian yg sudah dibuat ngerendam selama 2 hari 2 malam, kalo anda bener-bener melakukannya, gue jamin pemirsah, jgnkan manusia, ikan aja bisa bobok beneran.. 

Nah, kalo sudah melalui proses perendaman, selanjutnya tinggal digoreng pake minyak deh, rasa kulitnya yg udah digoreng tuh ibarat kyak daging ayam yg dikutuk jadi gajah. Cara menikmatinya biasanya tinggal dimakan aja dgn ditemani sama nasi putih yg masih anget trus dicocolin deh ke sambel. Banyak yg bilang enak sih, tapi pas gue coba memakannya, walhasil gue langsung memenangkan lomba mencret-mencret tingkat kabupaten.. huh..

----------||----------

[2] Elai

tampak luar

tampak dalam dan isi buah elai

Buah Elai ini di daulat masih saudara kandung dengan buah durian, menurut silsilah nih buah yg gue baca di kitab yg gue dapatkan di pedagang narkoba, buah Elai ini dulunya satu bapak tapi berbeda ibu dgn buah durian, karena kedua ibu mereka sering bgt berantem demi mendapatkan harta warisan sang Ayah, akhirnya anak kedua ibu tsb dikutuk oleh para dewa dan taraaaam,,, gue ganteng khan pemisah..??? #rumah tetangga ambruk..

Ok pemirsah, lupakan hal diatas tadi, walaupun gue emank kgak ganteng, tapi setidaknya gue kan manies, setuju khan pemisah..!!!!

Dijawab : eeeeeeeeNNNNNNNNNNGGGGGGGGGGGGGGGGGGGaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkk..

Terima kasih.. #kemudian hening.. #gantung diri dipohon semangka..

Hayuk.. hayuk.. hayuk.. balik ketopik dulu yah, nah kalo persamaan nih buah elai dgn durian teletak pada kulitnya yg sama-sama mempunyai duri tajam dan warna yg rada gelap, persis seperti kulit gue. Kalo perbedaannya terletak pada ukurannya, kalo durian ukurannya bisa segeda bola yg biasa dipake sama teletubbies, sedangkan buah elai ukurannya paling besar hanya segede bola takraw. Perbedaannya lagi terletak pada isi buahnya, kalo buah elai isinya berwarna orange sedangkan durian sendiri kan isinya kgak perlu gue kasih tau deh karena kalian udah pasti tau kan warna dari isi buah durian.. #jahaaat.. :[

Cara menikmati nih buah biasanya dgn cara dimakan langsung dan rasanya hampir sama aja kok dgn buah durian, tapi masih haruman dan tajaman rasanya buah durian loh pemirsah, trus tekstur nih buah rada sedikit padat ketimbang durian dan pastinya lebih manis mirip gue. Nah, biar awet biasanya buah elai ini akan dibuat tempoyak agar bisa awet dan bisa bertahan hingga 1 bulan pemirsah, trus kalo tempoyak tadi sudah diolah jadi dodol maka harganya pastinya juga akan lebih mahal, jadi akan menguntungkan sang peternak buah elai deeeh..

Untuk harga sendiri sih sebenarnya lumayan muahaal yah, bahkan menurut gue emank mahal, elai yg berukuran paling besar aja dibanderol dgn harga 30 rebo dan yg untuk ukuran paling mini dibanderol dgn harga 15 rebo. Buah elai ini berbuahnya hanya setaon sekali, jadi hampir sama dgn buah cempedak, tapi kalo soal harga udah kgak ada nego-negoan dah, kalo cempedak kan masih bisa di nego ampe semurah mungkin, tapi kalo elai jgn harap dah, muahaal pokoknya.. jadi inget sebuah iklan, "harga emank kgak pernah bo'ong".. #korban iklan..

----------||----------

[3] Rambai

tampak luar

tampak dalam

Buah ini didaulat masih saudara kembar dengan buah langsat, dari segi kulit udah sulit ngebedainnya, cara satu-satunya untuk ngebedainnya ialah hanya dengan cara melihat isinya, kalo langsat isinya padat serta mempunyai rasa manis semanis wajah gue sedangkan rambai mempunyai isi yg lembek dan berair serta berlendir, rasanya juga terkadang masam semasam yg baca tulisan ini.. :P

Tidak ada yg spesial dgn buah ini, cara memakannya pun cukup sederhana, hanya tinggal dibuka kulitnya, dijilat, trus dicelupin deh, kgak ada yg spesial kan, justru yg spesial malah orang yg nulis artikel ini loh. Nah, sama dgn buah lainnya, buah ini biasanya hanya tumbuh setaon sekali dan yg harus kalian tahu tanpa tempe, harga buah ini muraaaah bgt, seiket cuman serebo doank kgak pake nawar, sumpeeeh deee..


4. Pepaya Koneng

Penampakan Pepaya Koneng

Inilah dia buah yg paling spesial pemirsah, biasanya kan pepaya itu warnanya ijo doreng mirip kyak seragamnya bapak-bapak tentara, nah kalo ini beda banget, warnanya kuning loh, awalnya gue sempet curiga ama nih buah, apa jangan-jangan nih buah pada dahulu kala pernah kena kutuk akibat durhaka sama ibunya, wah bisa jadi saingannya maling kundang deh..

Ini baru mungkin lagi loh ya, karena nih buah tumbuhnya deket tempat penampungan eek, makanya dia berubah warna jadi kuning gitu, sama kyak warna eek. Tapi tunggu dulu pemirsah, walaupun warnanya kuning dan dia tumbuhnya dideket septictank, tapi rasanya yahud banget deh, gak ada rasa eeknya sama sekali.. "emank gue pernah makan eek yah kok tau rasanya eek"

------------==||==------------

Yah pemisah, itulah keempat buah yg sangat terkenal sekale di Kalimantan, ketenarannya udah bak selebritis tanpa petis semanis yg nulis kalo lagi pipis, ntar kalo ada lagi buah-buahan aneh bin ajaib dari Kalimantan, gue pasti akan mengabarkannya lagi deeh diblog ini.. akhir kata, gue hanya bisa berkata..

Selamat Menikmatiiiii
[=.=]

You Might Also Like

6 komentar

  1. kalo gue penasaran bgt ama yg namanya cempedak, kta temen gue rasanya nyengat bgt ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emank arwah om pke acara penasaran, xixixi..

      bukan rasax om, tpi baux yg nyengat.. "tawon kali nyengat"

      Delete
  2. ditempetku ada loh bang, cm namanya bedah

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. kyaknya sih ada juga yah.. kyaknya loh..

      Delete