Heboh, Danau Misterius di Semeru Bernama Ranu Tompe dan Ranu Kuning

18:17:00

Heboh pemisah, heboooh bgt.. 

Emank ada apaan sih.?

ada setaan..

"-___-"

Akhir-akhir ini ada berita mengejutkan kalo ditemukan sebuah danau misterius di lereng Gunung Semeru, jadi ceritanya ada beberapa tim ekspedisi gabungan dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau disingkat menjadi TNBTS beserta peneliti dari golongan umum yg berhasil menemukan sebuah Danau misterius, mereka lalu menamakan danau itu dgn nama Ranu Tompe, kenapa gak dikasih nama Ranu Tempe apa Tahu aja yah.?

Emank sih menurut data geologi, di Gunung Semeru ini banyak memiliki danau, tapi yg paling terkenal ya cuma Ranu Pane, Ranu Regulo dan terakhir si Ranu Kumbolo yg menjadi best of the best Ranu di Gunung Semeru, ketiga Ranu ini terkenal karena emank ada akses jalur menuju kesono dan biasa dipake buat tempat kemping, kalo dipake buat acara hajatan sunat atau kawin massal sih mungkin juga bisa kali yah.?

Semenjak ditemukannya Ranu Tompe ini, semenjak itu pula keberadaan Ranu ini menjadi pembicaraan hangat dan sensasional dikalangan para pendaki gunung dan pastinya banyak yg ingin menjamahnya, maka itu pihak TNBTS langsung mengeluarkan WARNING kalo siapa saja ada yg mendekati Ranu Tompe maka akan dikenakan sangsi tegas, berikut ini foto Asmirandah lagi mandi eeh Ranu Tompe yg gue dapet dari berbagai sumber air minum..
Suasana di Ranu Tompe, Gunung Semeru pada 12 Oktober 2013

Ranu Tompe ini sebenarnya merupakan danau paling terisolir dan tak pernah dikunjungi dari beberapa danau yang terdapat di gunung ini, keberadaannya hanya diketahui dari foto citra satelit dan peta kawasan. Untuk menuju Ranu Tompe dibutuhkan waktu hingga 3 hari loh, terkejutkan.? bagi para pendaki mah kalo cuman 3 hari itu enteng kale, makanya gue setuju pake bgt kalo ada sangsi tegas bagi yg berani masuk ke Ranu Tompe tanpa ijin..

Katanya berita lagi sih, Ranu Tompe ini menjadi kawasan yg belum terjamah oleh manusia sama sekali loh, jadi dia masih perawan ting-ting, tapi bukan ayu ting-ting loh, bagi yg masih bujang bisa langsung ngedatengi ortunya untuk ngelamar danau ini, jadi saking perawannya sampe-sampe keberadaan hayati dan ekosistem di Ranu Tompe yang berada di lereng Gunung Semeru ini masih amat sangat terjaga, ada hansipnya kali yah.?
Sejumlah anggota tim Ekspedisi Eksplorasi Ekologi Ranu Tompe
Balai Besar (TNBTS) yg mengunjungi danau ini untuk pertama kalinya
Sejumlah anggota tim Ekspedisi Eksplorasi Ekologi Ranu Tompe beraktivitas di depan danau Ranu Tompe

Ranu Tompe ini gak terlalu luas kok, luasnya hanya sekitar 0,7 hektar dan masuk dalam kawasan Desa Burno, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tentu saja dengan kordinat yg amat sangat dirahasiakan oleh pihak TNBTS pemirsah. Ranu Tompe ini berada di lereng sebelah timur Gunung Semeru dan memiliki ketinggian 1.774 meter dari permukaan laut, berarti masih dibawahnya Ranu Pane yg berada diketinggian 2.200 MDPL..

Staf TNBTS mengatakan bahwa kawasan Ranu Tompe diduga menyimpan keanekaragaman flora dan fauna yang sangat banyak dan penting, malah dari kegiatan ekspedisi ini ditemukan bekas tapak kaki, cakaran, dan kotoran macan tutul dan juga jejak yang diduga Harimau Jawa yang dikira sudah punah loh, nah berarti tandanya wilayah ini emank belum pernah dijamah sama manusia kan.? gak tau sih kalo ada setan yg udah pernah kesini apa kgak.?
Anggota tim Ekspedisi Eksplorasi Ranu Tompe saat bergerak ke dalam hutan di sekitar Ranu Tompe

Jalur menuju Ranu Tompe ini berbeda dgn jalur menuju Ranu Kumbolo dan temen-temennya yg udah terkenal lebih dulu, makanya keberadaan Ranu Tompe sangat minim diketahui oleh khalayak banyak, trus kalo yg pengen muncak ke Mahameru mungkin gak akan bisa bertemu dgn Ranu Tompe karena kan udah beda alam dan beda wajah, eeh beda jalur maksud gue..

Tim ekspedisi mencatat data temuan sementara berupa :
  • 51 jenis burung [gak tau deh kalo di itung sama burungnya para anggota tim]
  • 60 jenis vegetasi
  • 46 jenis anggrek
  • 6 jenis mamalia dan mama dedeh
  • 1 jenis primata
  • 5 jenis capung 
  • 16 jenis kupu-kupu dan ngengat
Ekspedisi pencarian Ranu Tompe ini memakan waktu yg cukup lama loh, terhitung operasi ini digelar sejak tgl 4 Oktober dan berakhir pada tanggal 13 Oktober 2013, jadi kalo diitung-itung ampe buntung, ekspedisi ini memakan waktu selama 9 hari pemirsah, wah betul-betul butuh perencanaan yg matang nih karena bayangin aja coba, makannya gimana, trus mandinya gimana, trus eeknya gimana, trus dan trus yah nabrak tembok deh..
Sejumlah anggota Ekspedisi Eksplorasi Ranu Tompe saat memotret burung di Ranu Tompe

Eits tunggu dulu pemirsah, ternyata bukan hanya Ranu Tompe aja loh yg masuk dalam rencana ekspedisi ini, ada satu Ranu lagi yg sebenarnya masuk dalam perencanaan ekspedisi ini, nama danau itu ialah Ranu Kuning dan sampe tulisan ini dihimpun [2/11/2013], keberadaan Ranu Kuning masih menjadi misteri dan artinya masih belum terjamah oleh tim ekspedisi karena katanya lagi sih, Ranu Kuning berbeda arah ama Ranu Tompe..

Walaupun berbeda jalur dan arah pemirsah, tapi Ranu Kuning tetep masuk dalam zona inti kok dan itu tandanya Ranu Kuning ini jelas dilestarikan karena apabila masuk dalam zona inti berarti juga masih masuk dalam zona TNBTS, karena berbeda jalur makanya andaikata waktu itu tim ekspedisi Ranu Tompe mau ke Ranu Kuning, berarti mereka kudu memutar dan pastinya butuh waktu lebih lagi kan.?

Jadi keberadaan Ranu Kuning sementara ini kita hanya tahu dari foto satelit saja, begitu sih katanya pihak TNBTS, tapi walaupun masih belum ditemukan, gue hanya bisa mendoakan semoga para tim ekspedisi yg akan mencari keberadaan Ranu Kuning nanti bisa berhasil menemukan Ranu Kuning dan bisa menceritakan ada apa saja disana, sehingga kita bisa tau kalo masih ada spesies langka dan aneh dibumi kita Indonesia tercintah..
Seluruh anggota Tim Ekspedisi Eksplorasi Ranu Tompe bersama para porter bersiap akan pulang

Semangat dan sukses buat tim ekspedisi, semoga nanti kalian berhasil lagi menemukan Ranu Kuning yg masih misterius, tapi kok bisa dinamain Ranu Kuning yah.? apa karena disana banyak eeknya macan.? emank eeknya macan warnanya kuning yah.? aah lupakan deh, pokoknya semangat buat tim ekspedisi deh, doa gue menyertaimu wahai kawan-kawanku semuah..

Ingat, jangan ambil sesuatu selain gambar dan sampah.. jangan tinggalkan apapun selain jejak.. jangan membunuh apapun kecuali waktu..

SALAM LESTARI !!!!

Sumber :

http://www.tempo.co/read/beritafoto/10599/Ekspedisi-ke-Danau-Misterius-Semeru-Ranu-Tompe/

http://www.kaskus.co.id/thread/5272e56f18cb177032000013/ekspedisi-ke-danau-misterius-semeru-ranu-tompe/

http://detik.com/read/2013/11/01/005030/2401162/475/ranu-tompe-sudah-ditemukan-danau-ranu-kuning-di-semeru-masih-misterius


--------------------===||END||===--------------------

You Might Also Like

18 komentar

  1. WAW, danaunya keren ya mas.. pasti sulit jalannya kalo mau kesana.. :[

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, gw belon nyoba jalanx nih, ntar deh pasti tak kabari klo udah tak coba gimana sulit jalanx.. :D

      Delete
  2. Semeru memang banyak menyimpan keajaiban, suatu saat saya kudu kesana. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudu kesana mbak, WAJIB hukumx.. Semeru itu cetar membabibuta

      Delete
  3. Setuju, harus dikenakan sangsi tegas bagi yg ingin memasuki tempat ini tanpa ijin TNBTS dan semoga Ranu Kuning jga secepatx ditemukan

    ReplyDelete
  4. Yang punya blog bhsax keren kaya danau yg bru dtmukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg punya blog jg keren loh.. "promosi"

      Delete
  5. Wah siap2 bikin misi rahasia kesana nih buat incipin keperawan danau tompe :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kesana jgn lupa ajakin gue Ya bang.. "kedipin mata"

      Delete
    2. hayuk kita adakan misi rahasia kesono

      Delete
  6. biasanya para petualang .. makin dilarang malah makin menantang ... he he benar gak sih ?
    apalagi untuk tempat seindah itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih bang, kyak abang tuh yg klo dilarang eeh malah didatengi.. :P

      Delete
  7. wah kena sangsi ya di ranu tompe... mending main ke pantai, ke bali banyak banget tempat wisata pantai bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bali emank sesuatu bgt, apalgi pantainya, yuk ajak gue kesana bang..:D

      Delete
  8. sepertinya ranu regulo lebih horor daripada ranu kumbolo :D, tempatnya yang sepi dan jarang dikunjungi, dulu pernah camping dan hanya rombongan kami yang ada di ranu regulo, waktu malam suasananya mistis banget, apalagi ada ibu2 yg hidup menggelandang di sekitar ranu dan sering ngomong sendiri hihihihihih dan yang paling juara horornya dalah ranu tompe (katanya) seyem!

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan saya setuju itu kakaks, mungkin karena jarang ada yg ngecamp di ranu regulo kali yah.. hih..

      berhubung gw belon pernah ngecamp di tompe, jdi no coment dah soal keseremannya.. hihihi

      Delete