[Unforgettable Journey] - Berselimut Kancut Ranu Kumbolo

22:14:00

Dari sekian banyak perjalanan yg gue lakoni, entah itu perjalanan di dunia manusia, dunia jin, maupun di dunia dalam berita, perjalanan yg paling amat berkesan bingit dan bahkan kenangannya masih terngiang-ngiang dipikiran gue ampe sekarang ialah ketika gue melakukan tracking ke Ranu Kumbolo 2 tahun silam, kenapa.?

Begini pemirsah, walaupun gue udah sering banget ke Ranu Kumbolo, tapi dalam perjalanan kali ini, soulmate perjalanan gue ialah ada 2 calon kader ibu-ibu PKK, nah tau sendiri kan kalo para ibu-ibu PKK kalo mau kegiatan outdoor, rempong banget deh, semua kudu lengkap, bayangin aja coba, masa bawa makanan ampe satu tas padahal disana cuman sehari, mau hajatan manten apa disana..

Bukan masalah makanan doank loh, masalah baju, selimut, kancut, ampe kompor pun dipermasalahkan, padahal dalam perjalanan kali ini ada gue, Agung dan Iart yg udah sering malang melintang didunia pergunungan, tapi tetep aja kita kalah debat kalo melawan para calon ibu-ibu PKK..

Singkat cerita, setelah mengalami perjalanan yg cukup melelahkan dari Surabaya ke Malang dan langsung dilanjutkan ke Tumpang lalu diteruskan hingga camp terakhir di Ranu Pani, kami tiba di Camp Ranu Pane tepat jam 2 malam, emank ada jam 2 malam.? lebih tepatnya jam 2 subuh pemirsah dan tau gak sih, suasananya sepi banget.. "ya eyalah sepi, jam 2 subuh gitu loh, klo mau rame ya dikuburan"

Apakah yg kami lakukan di jam 2 subuh.? 

MASAK pemirsah, mungkin ini adalah masak tersubuh di dunia, setelah masakan udah selesai dihidangkan, yg ada malah semua binggung masuk kedalam Kantong Tidurnya masing-masing karena suhu disekitar kami udah mulai tidak bersahabat, walhasil makanan kami hanya tersaji indah diluar tenda tanpa ada yg menjamahnya dan manusianya pada molor didalam tendanya masing-masing, bagoooos..

Kukuruuuuuuk... "ayam berkokok".. => padahal disana gak ada ayam loh.. -__-

Bangun pagi itu emank sesuatu bgt loh, apalagi pas bangun para ibu-ibu PKK sudah menyiapkan berbagai macam hidangan, jadi yg ada cuman cuci muka, sikat gigi dan tinggal makan deh. Walaupun masakannya bermacam-macam menu mulai dari rendang, soto, rawon dan ikan peda, tapi semuanya dalam bentuk mie pemirsah. Abis makan kami langsung packing dan berfoto genit dulu donk..
Ranu Pani

Untuk mencapai Ranu Kumbolo, kita membutukan waktu sebanyak 6 jam andaikan kita masih pemula, kalo udah biasa mendaki biasanya sih 4 jam doank udah tembus dan bener aja kan, baru 12 menit berjalan si nenek yg terkenal paling rempong udah ngeluh, yg ini lah, yg tasnya berat lah, yg pembalutnya berubah jadi power ranger lah, jadi bentar-bentar kudu istirahat deh..

Dalam perjalanan menuju Ranu Kumbolo, kita akan menemukan 4 pos/shelter yg bisa digunakan untuk beristirahat, hanya untuk beristirahat loh ya, jgn dipake buat acara seminar, dijamin gak muat deeh. Lagi dan lagi pemirsah, kita harus mengikuti alur jalannya si nenek yg udah kyak keong abis diamputasi, akhirnya mau gak mau gue kudu mbawa tasnya si nenek yg berisi makan semua, gue cangklongin didepen, jadi depen dan belakang terpaksa tercangklong tas semua, ampun daaah.. 

Ngeliat si nenek jalan itu udah persis kyak ayam yg abis dipotong, gue sampe kasian ngeliatnya, mungkin ini juga akibat dia make celana levis yg ketat kali yah, jadi aliran darahnya gak lancar, gue juga heran dgn nih anak, masa iya ndaki pake levis, gue curiga dia mau fashoin show kali yah. Nenek dan semuanya udah mulai semangat ketika tempat yg akan kami tuju udah mulai terlihat dihadapan kami semua.. begitu indaaaah..
Rakum
Rakum Maneh
Ranu Kumbolo from Pos 4

Nenek dan si Becky yg sebenarnya berjenis kelamin cowo tapi rempongnya hampir sama sama nenek langsung seneng tak terkira, padahal dari tempat kami memoto pemandangan diatas menuju spot perkemahan Ranu Kumbolo itu masih membutuhkan waktu sejam lagi, terang aja mereka langsung lemes persis kyak orang puasa tapi gak saur pas mereka tau kalo perjalanan rupanya masih jauh.. ciyaaan..

Tapi setidaknya setelah melihat pemandangan diatas, semua rasa lelah dan gelisah langsung terbayar lunas, buktinya si Nenek yg jalannya kyak ulet bulu lagi kena ambein bisa langsung cepet dan gue ampe kebalap pemisah, gue malah sangsi sama si nenek, jangan-jangan tuh anak emank lagi kesambet setan kelabang kali yah kok jalannya ampe cepet gitu..

Tepat jam 4 sore kami semua tiba dengan selamat di Basecamp Ranu Kumbolo tanpa kekurangan suatu apapun kecuali 2 mie instan didalam tas gue, dicolong kodok kali yeee..

Gue tau kalo semua temen gue lelah, tapi gue juga tau kalo mereka pada seneng banget karena ini pasti pertama kalinya mereka menemukan sebuah surga yg cantik banget dan pastinya kita gak bakalan bisa menemukan surga ini kalo kita cuman berdiam diri dirumah doank, untuk itu melangkahlah agar kau bisa melihat betapa indahnya alam INDONESIA ini.. merdekaaah.. "apasih"
Rakum Coy
Cantek Kan
Kyak Princess
Surga Dunia

Gak bosen-bosennya gue dan temen-temen gue duduk dipinggir danau sambil menikmati keindahannya ditemani oleh snack dan secangkir kopi, lalu diselingi oleh acara apalagi kalo bukan ngegosip, untung aja ibu-ibu PKK gak bikin acara arisan disini, apalagi kalo mereka sampe bikin acara demo masak, kasian yg tukang bawa kompornya, serius deeeh..

Menjelang malam tak banyak yg kami lakukan, hanya bercerita ngalor ngidul dan tema bahasannya apalagi kalo bukan seputar percintaan, jodoh, asmara dan jenis kelamin anak kita nanti.. Sampe pada akhirnya kami semua masuk dalam tenda masing-masing gegara suhu udah mulai minus dan membuat ingus gue trus menerus keluar dgn indahnya dari lobang idung..

Kukuruyuuuuk... "woy disini gak ada ayam kalee"

Sumpah dinginnya menusuk hingga ke ubun-ubun kepala macan pemirsah, kebayang gak gue semaleman ampe ngidupin kompor dalam tenda gue saking gue gak tahan ama dinginnya, wajar aja sih dingin karena ini kan gunung, kalo mau panas ya di Hawai sono berjemur bareng bule. Walau dingin tetep gue paksain untuk keluar tenda dan gue terkesima pemirsah, pemandangan diluar indah bgt..
Sunrise
Indah Kan.?

Apakah yg kami lakukan setelah matahari sudah meninggi.? berhubung kami disini cuman ingin ngadem semalam doank, jadi kami cepet berkemas dan memutuskan untuk langsung kembali ke Base Camp Ranu Pani, sebenanrnya sih pengen untuk langsung menuju puncak Mahameru, tapi ngeliat si nenek yg udah kyak zombie abis disantet ama ki Joko Bodo membuat gue gak tega pemirsah..

Tapi gue heran pemirsah, pas perjalanan pulang kembali ke Basecamp Ranupani, jalannya temen-temen semua tuh pada cepet bgt, udah persis kyak bencong yg lagi dikejar ama trantip, padahal waktu itu kabut turun dengan pekat bgt loh, entah temen gue itu pada ketakutan makanya jalannya cepet, atau gue curiga jangan-jangan mereka kebelet eek makanya pada cepet jalannya biar bisa buang hajat di Ranupani..

Ternyata kabut bukan hanya di Ranu Kumbolo aja pemirsah, pas nampe Ranupani eeh kabutnya juga pekat banget, apa jangan-jangan nih kabut juga bakal nyampe di Rumania yah.?
Ranupani

Begitulah dandanan si nenek, kemaren pas berangkat dia pake jeans yg ketat banget, dia kira kita mau ke Moll kalee, pas perjalanan pulang dia malah cuman pake babby doll gitu doank, dari sekian banyak pendaki disono, hanya neneklah yg make babby doll pemirsah, suer deh, agak saraf emank nih anak, sama sarafnya ama si Becky..

Sesampainya di Ranupani, kami sebenarnya ingin segera kembali ke Surabaya karena besok kan hari senin dan itu tandanya kami semua kudu kuliah, tapi berhubung hujan turun deres banget ditambah ini juga udah malam hari, ntar takutnya ada apa-apa dijalan kan, mana kami semua udah pada lelah juga, nanti jurang dikira semak-semak lagi, bisa meluncur indah dijurang deh

Cepet-cepet kami buka tenda dan mandi mumpung lagi sepi, di Ranupani ini kamar mandinya cuman 2 dan antrinya udah kyak kita ngantri BLT gitu deh, malam harinya tak lupa kami bercerita ngalor ngidul tentang serunya kami melakukan tracking menuju Ranu Kumbolo dan yg paling kenceng ceritanya siapa lagi kalo bukan si Ratu Alay, NENEK.. "catet"
Selamat Malam

Dan mengapa cerita perjalanan gue kali ini begitu berkesan.?

Gak bisa gue lupain pemirsah, gimana ngeliat polah si nenek yg berjalan udah kyak ayam yg abis dipotong trus dijeburin ke kali brantas, awalnya setelah dari Ranu Kumbolo gue yakin nenek bakalan kapok, eeh gak taunya sekarang setelah 2 tahun berlalu, si nenek [sampai tulisan ini dibuat] sudah menapaki hampir seluruh gunung di Jawa, nah loh, gue kebalap pemirsah..

Masih inget si Becky yg rempongnya sama ama nenek, dia sekarang juga sudah jadi backpacker sejati pemirsah, dia hobby banget naek gunung dan juga jalan-jalan murah, tapi tetep dia masih belum bisa ngalahin rekor perjalanan gue.. "sombong"

Akhir cerita, begitulah sekelumit cerita sotoy dan absurd dari gue tentang perjalan paling berkesan yg pernah gue alami, walaupun perjalanan ini udah berlangsung 2 tahun yg lalu, tapi gue masih tetep inget bagaimana sotoynya melakukan tracking bareng mereka, semoga nantinya gue bisa melakukan tracking lagi bersama mereka.. AMIIIN..



--------------------===||END||===--------------------

You Might Also Like

20 komentar

  1. eeh sumpah bang, pemandanganx keren gilaaa.. surga banget..

    ReplyDelete
  2. Subhanaloh.. bagus bgt pemandangannya.. suatu saat pengen bgt bisa kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo kesini mbaak, biayanya gak mahal kok.. seriiius deh..

      Delete
  3. habis berapa bang biaya untuk bisa kesana.? kayaknya mahal banget yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mahal kok bang, gue cuma abis 200 ribuan gitu.. aslinya sih seratus ribuan juga udah cukup klo ga bawa ibu2 PKK..

      Delete
    2. kita kudu booking dulu ga bang kalo mau kesini.?

      Delete
    3. wah, gue gak tau berita terbarunya bang, tpi ada yg bilang kgak sih untuk saat ini.. klo gue dulu gak pake acara booking bang, cukup daftar di Ranupani doank.. beres deeh..

      Delete
  4. Subhanallah... itu pemandangannya mas... speechless sampe ...pengeeeeennn kesana :(
    hikmah dari cerita ini adalah dilarang pake celana ketat saat mendaki gunung ya :P
    makasih mas, sudah terdaftar sebagai peserta ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus pake bgt bundaaaa...
      selain dilarang pake celana ketat, juga dilarang pake babby dool apalagi batik, ini naek gunung bukan mau ke kondangan bundaa.. xixixixi..

      Sukses buat GAx bundaaa.. :D

      Delete
  5. Salam kenal dari Adelays,
    Sekalian memberikan informasi kalau berminat ikut lomba ngeblog berhadiah total Rp. 12.500.000 :
    saya share disini :
    http://adelays.com/2014/05/02/lomba-nge-blog-berhadiah/

    ReplyDelete
  6. masih belum bisa ke Rakum... padahal awal mei sudha direncanakan... ada saja halangannya..
    semoga jodoh suatu hari nanti.. {}

    ReplyDelete
    Replies
    1. jodoh emank gak bakal kemana2 kok mbak Penganten Baru.. xixixixi..

      Semoga jadi kluarga samara mbak pita.. AMIIIIN..

      Delete
  7. wah..ceritanya menarik..foto-fotonya asik..
    salam kenal btw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kaget jg dikunjungi temen sekaliber mas efener.. salam kenal jg mas dan makasih suda berkunjung.. :D

      Delete
  8. Ranu Kumbolo masih jadi destinasi impian nih bersama suami...
    ah.. jadi pengen! >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua rius deh mbak pita, rakum nih recom bgt buat bulan madu, udah deh bulan madu dimari aja, gue jamin abis pulang dari sini pasti langsung isi.. "roti bakar kale ada isinya"

      Delete
  9. Similar crossovers are noticed in video games and , two parimutuel betting video games, where the same rationalization could be applied. On the other hand, this crossover additionally be|can be} found in a Roulette recreation and in a Crash recreation, where there is no a|there is not any} interaction amongst gamblers. The limitation 코인카지노 of an individual’s wealth can still be a partial rationalization, but the conservation of whole wealth not holds. A completely different rationalization needs to be proposed to mannequin this crossover. In Fig.7, we present the expansion of the ensemble-averaged MSD against time for each of the datasets.

    ReplyDelete
  10. A conventional reduce deflects the slicing toward the reduce, towards the path of the feed. Climb Cut – Refers to the connection of the slicing device car radios rotation to the path of feed. A climb reduce deflects the slicing away from the reduce, with the path of the feed.

    ReplyDelete