Lost in Berau #2 - Danau Labuan Cermin yg Ngangenin

20:18:00

Eeh kita mau kemana lagi sih.? Kita gak dibawa ke alam barzah kan.? kita gak akan ngetrip di Dolly kan.? eeh iya gue lupa kalo dolly kan udah ditutup.. Lah trus kita mau kemana donk..??? udah deh kalo pengen tahu baca aja cerita dibawah ini.. #EmotNgancem

Menurut rencana perjalanan yg udah disahkan, trip awal kami dikecamatan biduk-biduk ini ialah menuju sebuah danau yg terkenal akan kemisteriusannya. Kenapa bisa misterius.? konon katanya danau ini memiliki dua rasa loh, iya dua rasa pemirsah, yg pertama ialah rasa yg tertinggal ala ST 12 dan yg kedua adalah rasa hati ala dewa 19.. *itu judul lagu bukan rasa njiiir*

Sory pemirsah, jadi maksud gue danau ini tuh memiliki 2 rasa, nah yg lapisan atas itu rasanya tawar menawar dan yg dilapisan bawah itu rasanya asin, konon kenapa dibawahnya bisa asin karena danau ini dipake sama ikan-ikan buat ajang Olimpiade, jadi kan atlet ikannya pada keringetan tuh, makanya saking banyaknya tuh ikan menghasilkan keringet sampe-sampe danaunya berasa asin.. *suer jgn percaya yah*

Untuk menuju Danau Labuan Cermin yg misterius ini, kita kudu terlebih dahulu menuju sebuah dermaga yg terletak di pinggir laut, dari dermaga ini kita akan menggunakan kapal titanic alias kelotok untuk bisa mencapai danau labuan cermin yg misterius ituh. Eeh sumpeh loh, waktu di dermaganya aja udah keceh badai, apalagi kalo sampe di Labuan Cerminnya yah.. ?
Jalan-jalan Men vs BPI SUB Region
long bridge
mari selfie [Courtesy of Mami Hefni]

Selagi menunggu datengnya kapal kelotok, banyak hal yg bisa kita lakuin di dermaga ini antara lain kita bisa sepuasnya berfoto-foto selfie, entah itu selfie sambil kayang, sambil ngeden atao yg lebih extremenya lagi sambil nyolokin cabe kemata loe. Serius deh, loe mau selfie gaya apapun gue jamin gak ada warga sini yg bakal negur loe karena orang disini keliatannya udah anti sama orang-orang yg doyan fotogenit..

Trus apa yg gue lakuin didermaga ini.?

Hal wajib yg kudu gue lakuin disebuah tempat baru yaitu hayoo coba tebak.? yg pasti gue gak bakalan ngecengin nenek-nenek yg lagi berjemur dipingggir pantai pake bikini sexy, gue juga gak bakalan ngobrak-ngabrik rumah warga sekitar karena gue takut ntar malah usus gue yg diobrak-abrik ama warga sono..

Sebenarnya yg gue lakuin kalo berada disebuah tempat baru itu simple aja kok pemirsah, gue akan mencari sebuah warung trus pesen segelas kopi deh, bagi gue bisa menikmati segelas kopi ditempet baru itu anugerah banget, apalagi kalo tempetnya keceh plus banyak cewe-cewe cakepnya, aah utang kreditan tanah kuburan ama cicilan kolor langsung lupa seketika..

Selagi gue menikmati segelas kopi yg tersaji dgn cantik diatas meja, gue selingi kegiatan gue dengan motoin kapal-kapal pesiar kena kutukan yg berjejer dengan rapi didermaga, sebenarnya sih gue tertarik moto kapal-kapal pesiar tersebut bukan karena kapal pesiarnya bagus ato aneh karena terbuat dari emas, tapi karena airnya itu loh, bening banget kyak wajahnya aura kasih..
Kapal Titanic
Kapalnya Popeye
Kapalnya Sinbad

Oh iya, hal wajib yg kudu dibawa ke Labuan Cermin ialah alat-alat selam, tapi kalo kalian gak punya alat selam maka diwarung tempet gue mesen kopi juga menyewakan alat selam loh. Berhubung gue gak bisa nyelem, jangankan nyelem lah berenang aja cuman bisa sebatas gaya batu, jadi yah gue gak nyewa alat selem deh, jadi gue gak tau harga sewa alat-alat selemnya berapa..

Berhubung kapal kelotok yg akan mengantarkan gue dan temen-temen udah dateng, jadi cepet-cepet gue abisin kopi diatas meja gue, saking hausnya sampe-sampe kopi dimeja sebelah juga gue abisiin, pdahal gue gak tau siapa yg punya itu kopi, gue khilaf pemirsah, gue kotor, gue berdosah.. maafin adek ya bang.. *Umi Hefni mode on*

Berapa jam yg dibutuhkan untuk mencapai danau Labuan Cermin.?

Gue kira awalnya untuk menuju danau labuan cermin tuh kita bakalan butuh waktu ampe sejaman, tpi gue salah lagi pemirsah, rupanya kita cuman butuh waktu 15 menit doank kok, sama kyak nyebrang dipelabuhan Bengalon, cuman bedanya kalo di Bengalon kita berasa kyak berada di sungai Amazon, kalo disini kita berasa kyak disungai Nil.. pernah kesungai nil.? kalo kgak berarti nasib loe ama kyak gue.. *berpelukan*

Tanpa terasa, 15 menit yg menakjubkan pun berakhir, sampailah kami disebuah danau yg katanya misterius banget, pertama kali gue nyampe di danau Labuan Cermin, gue langsung bilang Juancoook Amazing Coook, ini bukan misterius banget kalo menurut gue, tapi ini udah masuk dalam kategori amat sangat misterius plus kereeeen jancok.. ini musuhnya cuman Ranu Kumbolo..
Danau Labuan Cermin
The Misteryous Lake
Very Amazing
Tree in Deep Water
Ini Daun Berguguran Bukan Eek Loh Yaa

Udah deh, pokoknya gak ada kata-kata lain yg terlintas dipikiran gue selain kata waw, amazing, keren, keceh dan temen-temen sebangsanya ketika ngeliat danau ini, gue ampe berpikir jangan-jangan dulu waktu Tuhan menciptakan Bumi, Tuhan sempet melemparkan senyumnya ketempat ini, makanya nih tempet selain misterius juga keren badai dah..

Trus kenapa tempat ini dinamain Labuan Cermin.?

Sebenarnya sih gue gak tau kenapa dinamain Labuan Cermin, mungkin aja karena air disini kan jernih banget tuh jadi saking jernihnya kita bisa ngaca loh di danau ini, jangankan cuman ngaca lah isi didasar danau aja keliatan jelas loh, bukan hanya itu doank loh, karena saking jernihnya lagi nih ya, kapal-kapal berasa kyak terbang bebas gitu loh disini.. serius deh..
kyak terbang kan
three boat idiot

Nah udah tau kan kenapa dinamain labuan cermin.? kok gak dinamain Sarimin apa Markonah gitu.. trus trus kira-kira apa yg bisa kita lakuin dimari.?

Temen-temen gue pas nyampe dimari langsung pada nyebur semua, berbeda 100 persen ama gue, berhubung gue gak bisa nyelem, jadi ya gue cuman bisa menyaksikan mereka melakukan aksi selam-selaman, sebenarnya waktu itu gue sedih dan iri banget sampe-sampe gue pengen bunuh diri dgn cara nyebur di danau ini, tapi gue urungkan niat gue karena gue takut, abis katanya mati tenggelam itu gak enak..

Lalu apa donk yg gue lakuin dimari.?

Aslinya sih gue pengen berenang, gue sebenarnya bisa berenang, cuman masalahnya gue itu gak bisa ngapung pemirsah, jadi waktu itu demi totalitas ya gue bela-belain aja nyebur di danau ini, tapi ya gitu, cuman nempel-nempel doank dianjungan kayu, jadi persis kyak benalu yg kerjaannya nempel sana nempel sini, berasa jadi manusia gak penting deh gue jadinya.. sakit banget loh.. sakitnya tuh disini.. *nunjuk bokong yg lagi bisulan*

Air di danau ini tuh aslinya seger banget loh, tapi kekurangannya menurut gue ialah dingin banget, seluruh tubuh gue yg sekseh ini sampe ngilu-ngilu gak jelas gitu deh, trus rasa air didanau ini tuh rada-rada asin aneh gimana gitu, ini masih jadi pertanyaan dalam benak gue loh, asin itu dari air laut apa dari pipisnya orang-orang yg berenang disitu yah.? lupakan deh..

Hampir 2 jaman kami berada disini dan sampai pada akhirnya bang ogi yg menjadi bos geng dalam trip kali ini mengajak kita untuk makan siang dan langsung menuju trip selanjutnya, begh gue mah langsung cepet-cepet berkemas karena mulai pagi perut ini belom keisi makan sama sekali, cuman keisi air doank, makanya seharian ini gue mencret-mencret unyu melulu, sebelum meninggalkan danau labuan cermin, kami sempet mengabadikan foto keluarga loh, gak tau keluarganya siapa.?
foto keluarga [Courtesy of Mpok Echan]

Akhirnya kami semua kembali kepangkuan ibu pertiwi aka dermaga kayu setelah menempuh 15 menit perjalanan menggunakan kapal pesiar yg abis kena kutuk. Sesampainya di dermaga hal yg gue lakuin tak lain dan tak bukan ialah mesen kopi lagi, pantes aja muke gue item, mungkin karena udah keracunan kopi kali ya, aah gak apa-apalah item yg penting masih ada manis-manisnya dikit.. *ngomong ama tembok*

Menurut rencana perjalanan lagi nih, kegiatan selanjutnya yg akan kami lakukan sebelum mendatangi spot selanjutnya ialah makan siang terlebih dulu dan makan siang kali ini akan disponsori oleh pizza hut beserta kaefci dan akan dilaksanakan dengan khidmat dan dengan tempo yg sesingkat-singkatnya.. ini mau proklamasi apa mau makan sih.???

Jadi makan siang kami kali ini tuh akan dilakukan disebuah rumah warga asli sini loh, kebetulan salah satu anggota Samarinda Backpacker yg bernama bang Ardi merupakan warga asli dari biduk-biduk, nah kami akan makan dirumahnya temen kami itu, tapi yg jadi masalah kami saat ini tuh ialah kami kesasar pemirsah, iya kami grup mobil 3 kesasaar.. hwaaaa..

Setelah telpon sana telpon sini, eeh rupanya kami salah ambil jalur yg seharusnya ambil tikungan kekiri kami malah ambil tikungan kekanan, tapi kesasar kami gak berlangsung lama kok karena berkat kesiagapan kami semua yg menganut prinsip pegadaian, masalah kesasar tadi dapat teratasi tanpa ada masalah dan tibalah kami dgn selamat dirumah bang Ardi, gue yg udah kelaperen langsung aja nangkring indah didepen hamparan makanan yg sudah tersaji indah..
menu fenomenal
hajar kaka
Selfie doloh

Menu makanan kami kali ini super banget deh, semua serba seafood dan tradisionil dah, pokoknya pizza hut dan kaefci lewat. iiih gila loe bayangin aja coba, makan nasi putih pake lauk berbagai jenis ikan laut plus ditambah ama sambel belimbing yg diracik pake racikan khak sulawesi trus makannya sambil menghadap laut yg teduh, itu rasanya so sweet banget..

Temen sekampung gue dari Handil yg kebetulan juga jadi maskot di grup ini aja ampe menghabiskan berton-ton nasi dan berkwintal-kwintal ikan laut, gue curiga ama nih anak, jangan-jangan dia bukan manusia tapi gedruwo lagi.. *peace bang Fredy, gue becanda kok, kau tetep yg paling unyu*

Anjiir, gak kerasa gue nulis udah panjang banget ya, udah mirip kyak kereta argo anggrek yg disambung sama argo puro, eeh yg terakhir itu itu kan nama gunung bukan nama kereta..

Bedewei, itulah tadi sekelumit cerita gue dan temen-temen di Labuan cermin plus menikmati makan siang dirumah temen kami si Ardy yg baik hatinya dan juga caem, tapi eits tunggu dulu, cerita kita masih belum berakhir karena abis ini kita akan mendatangi sebuah pulau yg terkenal akan keperawanannya karena jarang dijamah oleh manusia, penasaran kan.? makanya trus ikuti cerita selanjutnya tetep diblog ini.. CMIIW..

--------------------===||to be continue||===--------------------

You Might Also Like

18 komentar

  1. njiiir keren njiiir, bener banget apa katamu boy, nih spot musuhx cuma ranu kumbolo doank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksih bang, gw dari laer emank keren kok.. *salah fokus*
      ada lagi musuhnya bang, danau segara anak, bener kan.?

      Delete
    2. preeeet, bukan kmu boy, pemandanganx yg bagus. segara anak mana nih, sempu apa rinjani idamanmu boy?

      Delete
    3. muwehehehehe.. sama aja deh bang, segara anak sempu ama rinjani kan juga saingan tuh, ga apa-apa saiangan asal gak sengketaan aj

      Delete
  2. weleh weleh kapalnya kyak terbang gitu ya, keren deh bener2 keren, kasi 6 jempol yg 2 minjem tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepet-cepet dibalikan bang jempol tetangganya, dicariin itu loh..
      iya bang, kapalnya bener-bener kyak melayang diangkasa.. alaah..

      Delete
  3. Subhanaloh, bagus banget mas, kapal-kapalnya bener-bener kayak terbang dan danaunya jernih, semoga keasriannya selalu terjaga, AMIIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMiiin, semoga ga ada tangan2 gatel yg merusak alam ini ya kaka.. :D

      Delete
  4. Update terbaru september 2015 perjalanan menuju Kec. Biduk-biduk dari balikpapan tembus 14-15 jam Dapatkan paket wisata menarik dari kami dan bonus untuk anda yang tertarik trip jalur darat via balikpapan samarinda bontang sangatta

    Kami melayani transportasi travel darat mobil carteran tujuan luar kota Samarinda- Balikpapan- Bontang- Sangatta- Bengalon- Sangkulirang- Muara Wahau - Tanjung redep- danau labuan cermin Biduk biduk Berau- Sebulu- Muara Kaman- Kota bangun- Melak-Penajam- Tanah grogot Banjarmasin (Kalimantan Selatan) lintas kalimantan timur

    More info 085247977969/ whatsapp tidak melayani sms, pin bbm 76a4390
    FB: muhammad nur ogi'e
    http://returnofthecondorheroes.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yg ingin travel keceh di Kaltim, babang M. Ogie ini juaranya.. Recomended buanget deh..

      Delete
  5. jernih banget airnya, kelihatan biru bening.
    seru neh makan rame2, mantep
    ehh mas tuh kok masih inget dolly, nostalgia ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya jg orang surabaya ya mesti kudu inget ama dolly om child, hihihi..
      makanx gratis lagi, keren kan om.. :D

      Delete
  6. Waduh airnya jernih banget sebening kaca. Asik nih untuk mandi-mandi hehe

    yuk singggah ke kidalnarsisi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget bang bayu, berasa mandi didalam kolam cermin deh.. hihihi..

      meluncur bang.. :D

      Delete
  7. Salah satu bucket list banget

    ReplyDelete
  8. Kok asik gitu yaa warna airnya, jadi pengen nyebur..
    Rugi lah bro Agus ini kaga bisa berenang hahaha..

    Salam
    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw bisa berenang om cuman gak bsa ngapung, hiks.. #nangisdipojokan

      Delete