Air Terjun Doyam Seriam : Air Terjun 7 Tingkat yg Tracknya Bikin Meriang

18:54:00

Di suatu malam yg sepi dan hening, dengan hanya ada sebuah laptop dan setandon kopi yg menemaniku pada waktu itu, entah kenapa malam itu gue sedih, galau, gak bergairah dan aaah mungkin gue udah dalam tahap mau beranjak monopouse, tapi gue kan lakik crooot.. huh mungkin gue udah harus masuk ke hutan trus belok ke pantai biar dikira gue rangga, lebih tepatnya serangga kale..

Itulah tadi sadikit intermezzo yg sebenarnya gak penting amat sih, tapi serius waktu malam itu aseli emank gue lagi bete bgt dan cuman laptop plus internet aja yg jadi penghibur gue malam itu, aselinya sih gue pengen cari wanita penghibur, tapi berhubung duit gue cuman cukup untuk beli kolor doank, jadi yah cukup laptop dan internet aja deh obat betenya..

Disela-sela keasikan gue searching, fesbukan dan download film bokep, tiba-tiba ada temen gue si Kampredy membuka open trip dan jadwal tripnya itu pas gue off kerja pemirsah, gue langsung histeris dan langsung aja deh gue buru-buru menggabungkan diri gue untuk masuk kedalam trip itu..

Singkat kata dan singkat cerita, waktu ngetrip pun tiba, sesuai schedule yg udah dibuat dgn seteliti mungkin, kami menggunakan motor sebagai moda transportasi dan dari 20 orang yg menyatakan akan ikut, sebanyak 14 orang menyatakan batal ikut trip ini, aaah itu udah biasa sih menurut gue karena jujur gue juga sering kok tiba-tiba batal ikut trip padahal sebelumnya gue menyatakan akan ikut.. muwehehehe..

Tujuan kami kali ini ialah akan mengexplore Kabupaten Paser loh, kabupaten yg berbatasan langsung dgn Kalimantan Selatan dan tujuan pertama kami di bumi Paser ini ialah Air Terjun Doyam Seriam. Nah, dari Balikpapan menuju Paser kita membutuhkan waktu sebanyak 4 jam, itu sudah sama nyebrang di pelabuhan klotok Kampung Baru loh..

Air terjun ini tuh terletak di desa Modang, kalo binggung bisa tanya warga sekitar deh, rata-rata mereka udah pada tau letak air terjun ini, trus kalo gak pengen kesasar kalian kudu sering-sering berdoa dan jgn lupa noleh ke kanan karena ada plang besar yg bertuliskan "Air Terjun Doyam Seriam" trus dibawahnya ada tulisan "Masuk 12 KM" 

Track masuk kedalam itu didominasi sama tanaman sawit dan penebangan liar, trus jangan harap jalannya udah aspalan, kita akan menghadapi jalanan berbatu pemirsah, jadi gue saranin untuk cek dulu ban motor anda karena selama 12 KM perjalanan, kalian gak bakal menemukan tambal ban apalagi tambal gigi, lalu siapkan fisik dan mental anda karena tracknya menegangkan, sampe-sampe sempak bisa jebol saking tegangnya.. "ini mbahas apa sih"
sawit dan percabangan
penebangan liar
sedikit yg terselamatkan

Ada masalah besar untuk bisa mencapai air terjun ini pemirsah, selain tracknya didominasi sama tanaman sawit, ini masih ditambah dengan banyaknya jalan yg bercabang-cabang, gue heran jangan-jangan nih jalan gak pernah sampoan kali yah makanya banyak cabangnya, sudah itu gak ada plang petunjuknya lagi, jadi alangkah baiknya mending bawa teman yg udah pernah kesini deh buat jadi penunjuk jalan.. ini dua rius loh

Ada yg lebih ngeri lagi loh pemirsah, jalan bebatuan disini tuh didominasi sama batuan lepas, jadi batunya itu gak lengket ditanah gitu deh, ini masih ditambah dengan tanjakannya yg kampret banget dah, jadi rawan jatuh dari motor, gue aja yg udah lama malang melintang di dunia permotoran harus tersungkur indah dari motor gue karena ban gue slip pemirsah, pokoknya kampret bgt dah..

Gila yah, dari lima motor yg menerjang keganasan track Doyam Seriam ini, dua motor harus tersungkur indah dan kedua motor itu sama-sama bermerek vixion, pertama motor gue dan yg kedua motornya si Ady, waktu gue jatuh yg gue takutkan cuman mbak Nur yg menjadi boncengers gue, serius gue takut dia cidera karena motor gue kan motor gede pemirsah..

Tapi untunglah.. nah kan lagi-lagi untung cobak, dasar orang Indonesia.. ya tapi emank untung sih karena gue gak mengalami cidera sama sekali, cuman rada pegel dilengan aja gegara nahan motor yg segede babon yg beranjak dewasa.. kalo mbak nur sendiri sih katanya dia gak ngalami cidera, tapi gak tau dia bohong apa kgak, tapi kalo gue liat sih kyaknya emank dia gak cidera..

Setelah melalui satu jam perjalanan yg lumayan menguras tenaga dan cukup membuat lutut gue berasa rada kocak gegara sesekali menahan beratnya nih motor, akhirnya kami tiba juga ditempat pemberhentian terakhir, jadi dia air terjun ini tuh ada sebuah parkiran khusus untuk menaruh kendaraan kita dan selanjutnya kita kudu jungle tracking untuk bisa mencapai air terjun Doyam Seriam, begindang pemirsah..
itu motor
itu tempat parkir

Awalnya gue kira Doyam Seriam ini masih alami banget, eeh rupanya udah terjamah sama dinas tata kota atau dinas apa lah namanya, tuh liat aja kalo udah banyak fasilitas yg tumbuh ditempat ini seperti banyaknya tempat bernaung, trus jalan untuk trackingnya juga udah dibikin kyak tangga gitu dan udah dicor juga loh, jadi pastinya bakalan tahan lama walaupun gak pake IREX.. halah..

Untuk bisa mencapai air terjun, kita masih kudu tracking selama setengah jam loh pemirsah, waktu tracking gue cuman mikir kalo turunan gini sih masih enak, tapi ntar pas pulang gue jamin mencret-mencret dah loh, dimana-mana jalan turun itu pasti enak tapi pas naikan baru dah kerasa, jebol-jebol dah loe punya lutut, mana lutut cadangan gak diperjualbelikan lagi..

Sepanjang tracking kita akan disuguhi pemandangan alam yg ciamik banget deh seperti pemandangan deretan pohon yg alami banget, trus penampakan bule yg lagi berjemur, trus penampakan biawak yg lagi kawin sama godzilla dan masih banyak lagi deh, kalo loe percaya dgn kata-kata gue berarti tandanya loe kudu segera di rukyah deh..
Doyam Seriam Forest

Ada baiknya kalo loe pengen kemari maka siapkanlah air minum beberapa botol karena sepanjang perjalanan dari jalan raya hingga ke air terjun tuh gak ada penampakan warung sama sekali, minimal loe semua nyiapin 2 botol lah, trus kalo habis kan ntar bisa di isi ulang di air terjun, serius deh kalo air terjun disini tuh seger banget, masih alami gitu loh..

Setelah melalui beberapa ratus anak tangga yg lumayan bikin pantat gue berasa kyak abis menjalani bedah ambein, kami semua tiba di air terjun dengan selamat dan sejahtera tanpa kekurangan suatu apapun, hal pertama yg gue lakuin pertama kali dimari ialah cepet-cepet buka nesting dan masak pemirsah, gila gue mulai pagi ampe sekarang belum makan.. "curhat nih yee"

Perut udah ke isi dan tandanya kami harus segera mengeksplore air terjun ini sebelum gelap tiba, air terjun ini memiliki tujuh tingkat dan konon ditingkat yg paling atas ada sebuah taman anggrek hitam loh, tapi yg bikin bulu pantat bergidik tuh gegara katanya lagi nih ya kalo taman itu dijaga sama ular besar, semacam anaconda gitu deh, hih serem..

Dari hasil mengeksplore air terjun ini, kami hanya berhasil menjelajahi 5 tingkat saja, sebenarnya sih pengen banget meneruskan eksploring ini, tapi gegara hari udah menjelang maghrib dan kami masih kudu tracking lagi buat naik keparkiran, jadi kami sudahi deh eksplore kami dan kami berharap moga-moga kami bisa kemari lagi buat menjelajahi tingkat yg ketujuh.. "diamini yak"
Tingkat ke 5 
Tingkat ke 4 (Dok. Fredy)
Tingkat ke 3
Tingkat ke 2
Tingkat ke 1

Banyak pengalaman serem ketika kami akan meninggalkan air terjun ini, pertama om Fredy berasa kyak diikuti makhluk dari dunia lain gitu deh, makhluk dunia lain itu maksudnya jin atau setan, bukan alien loh ya, om Fredy tuh sampe tersungkur-sungkur karena dia merasa kalo tasnya berat banget dan kyak ada yg gandoli gitu, karena kasian ya gue bawain dah tuh tasnya..

Pengalaman serem yg kedua tuh ialah sepanjang perjalanan naik kami selalu di ikuti oleh suara burung engrang yg suaranya kenceng banget dan gak pernah berhenti-henti, suaranya tuh mengelegar banget deh seolah-olah tujuannya emank untuk menakuti kami, serius waktu itu suasananya udah horor banget, berasa kyak kita nonton film boneka chucky ditoilet sendirian..

Waktu itu selain Fredy yg udah kepayahan, mbak Nur juga terlihat ngos-ngosan, gimana gak ngos-ngosan lah medan trackingnya biadap banget, mbak Nur sampe bilang duluan aja mas, gue tau mbak Nur gak enak ama gue karena jalannya dia lambat dan gue ada dibelakangnya, tapi waktu itu gue bertekad harus berjalan paling belakang buat ngelindungi temen-temen gue semua.. #sikap

Gue yg kesian ngeliat mbak Nur udah kepayahan langsung memaksanya buat menyerahkan tasnya ke gue, jadi waktu itu gue nenteng tiga tas termasuk tas gue, hebat kan gue.? berasa jadi porter keceh dadakan deh gue waktu itu. 

Kenapa gue gak mau meninggalkan temen gue.? karena gue gak mau kejadian di DHOLO dulu terulang kembali dimana gue yg terkenal punya fisik paling tajem meninggalkan temen gue yg lagi sakit dibawah sedangkan gue dengan antengnya lagi-lagi memamerkan diri kalo gue yg paling powerfull, gue merasa berdosa banget waktu itu, gue khilaf, gue hina, gue Ultramen.. "salah fokus"

Tapi tenang, itu dulu karena gue yg sekarang udah insyaf dan gue yakin bahwa ketika melakukan sebuah perjalanan, teman ialah segala-galanya.. "catet"
Tangga Cor
Tangga Ulin

Alhamdulilah yah, setelah melalui ratusan anak tangga yg cukup membuat sempat gue basah gegara keringetan, akhirnya kami semua bisa tiba dengan selamat diparkiran motor dan motor kami waktu itu aman semua, gak ada yg lecet apalagi dicolong, padahal kalo ada yg berniat jahat enak betul loh, tinggal ambil satu biji pasti gak ada yg tau, serius deh..

Kami gak mau berlama-lama berada disini karena jujur suasana disini semakin horor aja, yg kami lupa ialah ini kan udah maghrib jadi emank ini waktunya pintu dunia lain terbuka, itulah salah satu kesotoyan kami pemirsah, jadi satu pesen dari gue yah, jangan pernah melakukan tracking dihutan saat maghrib tiba, mending istirahat bentar buat ngelewati maghrib trus lanjut deh trackingnya..

Waktu perjalanan pulang gue sempet takut ama jalanannya yg kampret banget, tapi untunglah walaupun kami melewati jalan kampret itu dimalam hari, tak ada satupun dari rombongan kami yg jatuh dari motor dan tepat jam 8 kami semua tiba dengan selamat dijalan Provinsi, hal yg kami lakuin selanjutnya ialah makan bakso pemirsah.. aah nikmat..

Itulah tadi sekelumit ceita gue tentang salah satu air terjun yg berda di Paser, tapi tunggu dulu.? cerita gue di Tana Paser ini belum selesai loh dan masih banyak tempat-tempat keceh yg berhasil gue datengi dimari, maka dari itu jangan kemana-mana yah dan terus ikuti cerita gue menjelajahi Tana Paser yg terangkum apik di #MysteriousPaser.. Makasih.. Salam Penjelajah..

--------------------===||to be continue||===--------------------

You Might Also Like

16 komentar

  1. Ngilu kalo liat penebangan liar, mereka kayaknya mikir nya cuman sesaat ngak pake otak #murka

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om, gw aja ngerik klo liat ilegal logging kek gitu.. 10 taon kemudian mau jdi apa hutan di Indonesahklo digasak mulu.. :'(

      Delete
  2. itu yg ditingkat ke 4 penampakan semua ya bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iidih.. mana ada penampakan keceh2 kyak gitu.. itu loh artis semua.. *artis bokep*

      Delete
  3. wahh trimakasih infonya bang, ni juga mau trip kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat ngetrip bang, titi dj yak.. awas medanx ngerik..

      Delete
  4. eeh tingkat yg ketiga tuh kok kyak kepala ular yak bang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana mana mana..??? aah itu hanya perasaan si om sajah..

      Delete
  5. sumpehh.. klo ngebaca postingan om agus, kebanyakan ketawanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar tetep awet muda om kalo ketawa trus.. hihihi

      Delete
  6. abang di blog sebelah kok ngaku jomblo,padahal ada mbak nur disitu?
    mbak nur itu jangan2 jablai langganan abang yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwakakakakak, eeh kok tau sih, situ pasti dukun yah.. *dukun beranak*

      Delete
  7. yah,tau donk,cita2 gw kan mau jadi psikolog atau detektif... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiiih keren bgt cita2 loe, ntar kabarin gw yah kalo udah jadi detektif terkenal kayak conan, gw mau minta tolong temukan jodoh gw.. hihihi..

      Delete
  8. gue heran..kok katanya abang nyebrang ke pelabuhan penajam pake klotok..
    terus motor vixionnya,numpang di klotok juga yah bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi bener bgt broh, kelotoknya gede kok bisa muat ampe 7 motor..

      Delete