Argopuro #5 - Danau Taman Hidup Yang Penuh Misteri

21:13:00

Waktu menunjukkan jam 1 malam lewat beberapa menit dikit, gue yg sok-sokan berani mengajak ketiga temen gue yg kebetulan juga ikutan sok-sokan berani buat ikutan uji nyali, tapi uji nyali kali ini berbeda banget pemirsah, bukan untuk ngeliat setan karena buat apa cobak uji nyali ngeliat setan sedangkan kami berempat adalah keturunan setan semua, ya kan..

Uji nyali kali ini adalah kami pengen banget ngeliat ikan Nila segede truck yg tertulis cantik didalam cerita kitab leluhur Jawa dahulu kala. Ikan Nila ini ada dua loh, yg pertama si cowo yg gedenya hampir sama ama truck dan si cewe yg rada kecilan dikit, mungkin kira-kira segede mobil kijang Innova lah..

"Eeeh bangun Bro, katanya mau liat ikan nila segede Truck".. gue berusaha membangunkan temen-temen yg pada molor cantik..

"Kgak aah, loe aja sana yg ngeliat, gue ngantuk bingit".. om ketep menjawab sambil ngucek-ngucek matanya dan garuk-garuk pantatnya yg tepos..

"Alesan aja loe, kapan lagi liat ikan segede truck.?".. gue masih mencoba meyakinkan teman-teman gue buat ikut uji nyali..

"aaah kgak aah, loe aja deh, gue TAKUT broooo".. ujar si akip sambil membenamkan tubuhnya yg gak sekseh sama sekali kedalam ESBE..

"ASEEEEM, bilang cobak dari tadi kalo TAKUT".. ucap gue sambil mulut gue menggerutu dan mencong sana mencong sini..

Walaupun pada ketakutan, tetep aja temen-temen gue dan gue sendiri berusaha untuk memberanikan diri buat ngeliat ikan Nila segede truck, sebenarnya sih rada aneh juga yah kalo ada ikan segede truck di danau Taman Hidup karena danau ini tuh kecil, gak sempit apa yah kalo dipake buat tempat tinggal ama nih ikan yg punya body segede babon..? aaah entahlah, ngapain juga gue ngurusin rumah tangga si ikan..

Dengan tololnya empat pemuda jomblo tapi gak homo berdiri dihadapan Danau Taman Hidup cuma buat ngeliat ikan segede truck yg menampakan dirinya pada saat bulan penuh, itulah mengapa kami memperhitungkan agar bisa nyampe di Taman Hidup pada saat bulan mencapai puncaknya..

*Sepuluh Menit Berlalu* - tidak ada penampakan apapun..

*Dua Puluh Menit Berlalu* - cuma ada penampakan 4 pemuda songgong lagi berdiri..

*Tiga Puluh Menit Berlalu* - tiba-tiba ada suara gemeresek dibelakang kami dan kabooooooor..

Dan kami lomba lari cepet-cepetan masuk dalam tenda pemirsah, gue lari bukan karena ada penampakan hantu karena pas gue liat asal suara gemeresek, gak ada penampakan setan, yg bikin kami semua lari tuh karena kami takut kalo tiba-tiba ada macan keluar dari sumber suara gemeresek tadi trus menerkam gue, aaargh gue gak mau mati songgong kyak gitu.. amit amit jabang bayi..

Huh, finally, bukannya dapet penampakan ikan segede bus eeh malah dapet blentang blentong gegara menerjang lumpur gegara lari ketakutan, ya udah lah yuk bubuk cantik dulu biar hati tenang..

-----==*==-----

Selamat pagi pemirsah, walaupun kami gagal menangkap penampakan ikan nila segede truck, tapi kami tidak gegana kok alias gelisah galau merana, anggap saja emank belum rezeki ketemu ama tuh ikan, yah mungkin lain kali kalo kemari lagi deh, tentunya sambil bawa pompa yg gede buat nguras nih danau.. *kemudian ditelen idup-idup sama si ikan nila raksasa*

Suasana pagi di danau Taman Hidup tuh udah gak bisa diungkapkan dengan kata-kata lagi deh, apalagi pagi ini cuacanya cerah banget, secerah muka gue yg hampir 4 hari kgak mandi, gue coba moto danau Taman Hidup dan diambil dari sudut manapun danau ini tetep aja keceh, suer disamber cewe tetangga sebelah deh..
Diambil pake HP Samsul gue
Diambil pake kamera SLR gue
Diambil pake kamera si Sontet
Selfie Sukesih

Huuh.. iya pemirsah, ini adalah hari terakhir pendakian gue di gunung yg katanya terpanjang di Jawa, iya karena tinggal 3 jam lagi maka gue dan sahabat-sahabat gue yg keceh udah nyampe di Basecamp Bremi, gila banyak banget kenangan yg bakal gue inget dari gunung ini, suer ini adalah gunung yg paling keceh selama gue mendaki..

Gimana gak keceh cobak, kapan lagi loe bisa berdiri diatas bandara yg katanya tertinggi di Jawa, trus kapan lagi loe bisa melihat penampakan merak secara langsung dialam bebas, kapan lagi loe di PHPin ama track yg udah kyak gak ada ujungnya, kapan lagi loe bisa ngeliat indahnya Danau yg diapit dua gunung, kapan lagi dan kapan lagi.. huwaaa gue pengen kemari lageh..

Anjir saking kecehnya danau Taman Hidup sampe males untuk kembali pulang, tapi gue inget kalo masih ada dua gunung lagi yg kudu gue ndaki selepas Argopuro ini..

Acara pagi ini ialah kami akan memasak dan menghabiskan semua perbekalan kami yg masih tersisa, gila apah kalo perbekalan mau dibawa pulang lagi, bikin muatan keril menipis ajah, pokoknya intinya hari ini perut kami harus kenyang, udah titik gak pake koma..
itu kumpulan anak Mapala yg lagi diklat, mereka baek hati
gue si koki keceh

Kali ini hidangan kami luar biasa spektakuler, biasanya hidangan kami emank kami buat se pas mungkin agar kami gak kehabisan bekal dijalan, tapi berhubung kali ini ialah hari terakhir jadi kami memasak udah kyak orang kesurupan, pokoknya apa yg masih tersisa kami habiskan semua, untungnya tenda sama keril gak ikut kami masak.. ya kaleee..

Singkat cerita, semua kegiatan dicamp selesai jam 10 dan segera kami melakukan tracking karena menurut info, bis yg akan mengantarkan kami keterminal Probolinggo hanya ada sampe jam 4 sore, trus katanya untuk bisa mencapai Basecamp Bremi butuh waktu 3 jam, jadi kan bisa nyampe jam 1 siang trus mandi dan bisa istirahat bentar..

Perjalanan kami mulai dan kami sangat miris banget karena banyak sekali sampah disepanjang perjalanan, bahkan ada sampah pop mie yg kalo gue liat adalah sampah baru, aaah bangke banget dah tuh yg buang sampah..

"Ayo, buka trashbag trus kita pungutin nih sampah".. ucap sony mengebu-ngebu..

"Liat tempat pop mie ini bro, ini kyaknya baru sehari deh, gue liat-liat yg bawa pop mie di camp tadi cuman rombongan peneliti [bangsat] itu doank yg lain gak ada bawa pop mie".. ujar gue..

"Udah aah gak usah dipikirin, ayo kita pungutin aja".. katanya om ketep sambil mungutin tempat pop mie..

"Ntar kalo di Basecamp Bremi gue laporin sama Rangernya".. tiba-tiba akip nyeletuk..

Dari hasil mungutin sampah sepanjang perjalanan, kami berhasil memboyong sampah sebanyak satu trashbag, yah lumayan deh buat ngurangi sampah di gunung ini, ketimbang rombongan peneliti yg gak tau aturan itu, pengen gue siram dah tuh rombongan pake air accu..

Setelah 2.5 jam berjalan, akhirnya kami menemukan sebuah pos dari kayu yg berdiri diantara rimbunnya pohon damar, menurut info kalo udah ketemu pos kayu itu berarti tandanya tinggal setengah jam lagi kami kudu berjalan menyusuri kebun penduduk dan nyampe di Basecamp deh..
Hutan Damar
Pos kayu dan tiang bendera
Penampakan salah satu trashbag kami, ada dua lagi disebelah gue dan om ketep sono

Setangah jam pun berlalu tanpa terasa sama sekali, iya mungkin karena kebun penduduk yg asri banget jadi membuat gue lupa sama lelah yg mengelayut indah ditubuh gue yg sekseh ini, bahkan juga membuat gue lupa kalo sebenarnya gue itu anggotanya Power Ranger.. #abaikan

Sesampainya di Basecamp Bremi kami disambut dengan pak Siswanto yg baiknya nauzubilah banget, udah berbeda 180 derajat ama pak SIS yg ada di Basecamp Baderan, pak Sis yg satu ini sosoknya ramah trus banyak memberikan kami pengalaman tentang gunung Argopuro ini, gak kyak Pak Sis yg di Baderan sono, urgh sombongnya amit-amit dah, kyak udah expert ajah..

Kami sempet membersihkan tubuh di Basecamp Bremi dan bahkan sama pak Sis kami dibuatin secangkir teko teh hanget, aargh pokoknya pak Sis yg ini buaek banget deh, kami cerita ngalor ngidul sampe gak kerasa bis yg akan mengantarkan kami ke terminal Probolinggo udah datang, akhirnya perjalanan ini harus berakhir.. huh

Dan akhirnya, selamat tinggal pak Sis Bremi, walaupun sombong gue juga mau bilang selamat tinggal pak Sis Baderan, selamat Tinggal Argopuro, bye bye Dewi Rengganis, sampe ketemu lagi yah..

--------------------===||The End||===--------------------

You Might Also Like

8 komentar

  1. saya orang Situbondo yg lagi hijrah di Samarinda mas, Argopuro itu tempet saya maen waktu remaja, masnya domisili di Samarinda juga ya, salam kenal mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius mas, saya domisili di kukar, aah cuma beda jarak setengah jam doank sih.. salam kenal juga masnya.. :D

      Delete
  2. waktu sma saya sering maen dicikasur, kalo kukar sih deket aja mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya deket donk, kan cuma 20 km doank.. maen2 kesini om.. :D

      Delete
  3. Ngak sangka ada rawa di atas gunung. Keren banget Mas.

    http://sederhanaperjalanan.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan rawa om, itu danaaaaauuuuuu...

      iiih alamat blognya genti yeee.. :D

      Delete
  4. bener2 panjaaaaang dan lamaaa... baca ceritanya aja udah ngosngosan inih palagi ikut jalan #huft #lap keringat dijidat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga yah, 5 hari loh mbak.. ayo sini abang lap jidatnya.. #KemudianDIgamparPakeSendal

      Delete