Jejak Budaya 2 : Mengenal Tradisi Erau di Kota Para Raja Tenggarong

20:44:00

Jejak Budaya, 

iya Jejak Budaya..

Emank apaan sih itu.?

Jadi pemirsah sekalian, Jejak Budaya adalah sebuah gerakan yg terdiri dari para pemuda yg sangat peduli akan lingkungan dan kebudayaan yg berdomisili di Kutai Kertanegara, nah pada kali ini Jejak Budaya mengadakan sebuah acara bertema "Jejak Budaya 2 - Exploring ERAU", Jejak Budaya kali ini berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Juni 2015 dan gue jadi salah satu pesertanya..
Brosur Jejak Budaya 2 "Exploring ERAU"

Lalu bagaimana kisahnya gue bisa ikut dalam acara ini.? dan beginilah cerita itu dimulai.. jeng jeng.. 

Eeeh Intermezzo dikit yak..

Setiap tanggal 14 ampe 18 kan itu jadwal gue off duty pemirsah dan kali ini udah tanggal 10 gue gak punya planning mau kemana, akan kemana dan harus kemana, so whaat.. iya gue gak punya planning mau kemana dan akan kemana pas gue off nanti.. omaigot.. bagi gue itu kampret banget..

Kemudian disuatu malam yg dingin dan sepi ini, aku sendiri, tiada yg menemani.. #MalahNyanyi #Skip #Abaikan

Disuatu malam yg gue lupa hari apa dan tanggal berapa, temen gue si Neneng ngajakin untuk ikut acara Jejak Budaya 2 yg bertemakan Exploring Erau, gue langsung melek dan pengen ikut, tapi apa daya pemirsah, jadwalnya pas bukan jadwal gue off.. Tapi tenang, bukan Agus namanya kalo gak bisa merubah jadwal off.. #KemudianKetawaSetan

Keesokan Harinya..

G : Gue || P : Pak Direktur

G : Page Bro, mau ngomong nih.. *sambil masang muka rada-rada mesum*

P : Page juga Bro, tumben loe mau ngomong, halah nih anak pasti ada maunya kan.?

G : iya eeh bro, anu eeh, mau majukan off, tgl 12 ampe 16 yah.. *sambil ngedipin mata*

P : Ok deh, gue kasi ijin, tapi inget yah, bulan 5 taon 2016 nanti loe nganter gue ke Rinjani, kan itu jadwal cuti loe..

G : Apaah Rinjani, sejak kapan loe mau naek gunung.? halah gue tau, loe mau ke Rinjani gegara cewe inceran loe yg kerja dikontraktornya TOTAL di area CPU itu abis dari sono kan.. *sambil tertawa terbahak-bahak*

P : Eeeh sompret loe ya, darimana loe tau gue ngincer dia..?

G : gue kan ama tuh cewe sering chat di BBM.. *kemudian kabor*

Begitulah sekilas percakapan yg gak penting banget antara gue dan pak direktur gue yg kalo dipanggil pak mesti ngambek, jadi maunya dipanggil Bro, katanya sih biar kekinian. Direktur tempet gue kerja ada dua dan mereka adek kaka, yg satu udah nikah dan yg satunya ya masih jomblo sama kyak gue..

Berhubung izin off sudah gue dapet, langsung deh gue ngabarin Neneng untuk ikut dan malamnya langsung registrasi ke panitia via SMS karena kalo via langsung tatap muka udah terlalu mainstream, keceh ya kan..

Tapi yg jadi masalah ialah intinya kalo si Pak Direktur sudah ada niat ke Rinjani pastinya gue kudu nganterin dia lah, haduh bakalan rempong nih, tapi gak apa-apalah, semoga dibayarin.. *bayarin ya bos* #KemudianDipecat

---------------

Njjjiiir, intermezzonya panjang banget, kalah gerbongnya kereta Argo Anggrek, trus Pembahasan Erau dan Jejak Budaya nya manaaah..???

Ok, lanjut keceritah.. wush..

---------------

Cerita kali ini dimulai dari Tenggarong, sebuah kota yg dijuluki kota Para Raja, tapi jangan tanya raja Brawijaya atau Hayam Wuruk ada disebelah mana karena mereka adanya di Jawa bukan di Tenggarong, sekali lagi please, jangan tanya apa hubungannya Raja yg Tertinggal dengan Tenggarong karena Raja yg tertinggal itu salah satu judul lagunya ST 12.. *itu RASA kale*
Jembatan Gantung Kertanegara

Jangan tanya foto diatas itu apa karena ponakan gue juga tau kalo itu foto jembatan, tapi yg mengerikan ialah itu adalah Jembatan Gantung Kertanegara di Tenggarong yg roboh akibat kurangnya pemeliharaan dan menewaskan beberapa orang yg kebetulan melintas disitu, ya itulah penampakannya saat ini, kita doakan semoga amal ibadah korban tewas diterima disisinya.. Amiin..

Hal pertama yg gue lakuin ialah menuju Markasnya Kukar Creative untuk melakukan Registrasi, yah namanya juga peserta yah kudu registrasi ulang deh, setelah itu kita dipersilakan untuk beristirahat ditempat yg udah disediakan, iiiih suer keren loh Kukar Creative nih, mereka punya Basecamp yg gede banget dan mereka bisa menyalurkan kreativitas mereka dimari dalam bentuk apapaun.. KEREEEN..

Jadi agenda pertama dalam kegiatan Jejak Budaya 2 ini adalah ngecamp di Air Terjun Sumber Sari terlebih dahulu, nah untuk bisa menuju Air Terjunnya kita kudu melakukan tracking selama 1.45 jam doank, ya ampun itu deket dan sebentar banget.. *mulai sombong*

Dalam Session tracking ini, gue dan Neneng jelas satu kelompok lah, kalo gak salah kelompok 9, nah dikelompok ini gue juga dapat 3 temen baru yaitu Nanda, Lila dan Dita.. *yuk berkenalan*
Air terjun Sumber Sari

Sesampainya di Air Terjun Sumber Sari ini, kegiatan kami selanjutnya ialah mendirikan mahligai rumah tangga, eeh salah ya, maksudnya mendirikan tenda atau bisa berhammock ria terlebih dahulu, lalu dilanjut dgn sesi perkenalan antara sesama PanitiA dan PanitiB, ya pastinya PanitiB itu peserta lah masa orang lewat, tanpa terasa jam menunjukkan pukul 12 tengah malam dan acara ditutup.. 

Keesokan harinya..

Selamat page, gue terbangun tepat jam 6 dan gue liat suasana disekitar masih hening banget, maklum aja lah kan acara selese jam 12 malam. Gue cepet-cepet ngeliat seluruh tubuh gue yg gak sekseh ini, kali aja ada lintah kesasar yg nempel dibokong gue trus nyedotin darah gue yg sebenarnya menurut gue sih gak ada enaknya sama sekali, tapi Alhamdulilah yah sesuatu, gak ada apapun yg melekat ditubuh gue..

Gue liat Lila dan Dita masih asik dalam tenda tapi mereka udah dalam posisi udah bangun kok, trus Neneng yg bubuk diluar juga udah bangun, tapi si Bunda Princess Bling Bling yg juga bubuk diluar bareng gue masih molor pemirsah, hebat memang emak-emak keceh yg satu ini..
Hammockan (courtesy of langkahkecil.net)
Tendaan

Acara pertama dipagi ini yg diselengarakan oleh panitia ialah senam yg bagi gue susah untuk diikuti, iya senamnya tuh semacam aerobik gitu, jadi kita kudu meliuk-meliuk kyak ular kesetrum gitu deh, nah gue yg kurus kerontang kyak gini suruh meliuk-meliuk kyak gitu, yg ada malah rontok semua deh nih tulang, please deh, jadi yg ada malah gue bikin goyangan sendiri deh bareng bang Said..

Setelah senam acara selanjutnya ialah kembali ke basecamp Kukar Creative di Tenggarong, nah acara selanjutnya yg akan kita lakukan ialah kita diajak untuk Diskusi Budaya bersama para kerabat dari kerajaan Babilonia Kutai Kertanegara ing Martadipura di Kedaton Kutai Kartanegara, iiih keceh kan, kapan lagi coba ketemu sama pangeran-pangeran dari Kota Para Raja..

Jadi tema yg di ambil dalam diskusi kali ini ialah apalagi kalo bukan seputar Erau karena kalo seputar Indonesia itu acara berita di RCTI manteman..

Seperti apa yg gue bilang sebelumnya, narasumber kali ini ada dua orang dari kerabat Keraton yaitu H.A.P Hario Kesuma Poeger dan DR.H.A.P.M Gondo Perawiro, MM.

Ya Tuhan namanya kok panjang-panjang yah.? yah namanya juga nama kerajaan, kalo rakyat jelata sih cukup Sutiyo apa Suprapto, udah itu aja, gak usah aneh-aneh. Kyak gue nih nama cukup Agus Susanto dan gue bersukur punya nama pendek karena pas ujian nasional gue jamin kolom namanya pasti muat..
Diskusi Budaya (Courtesy of langkahkecil.net)
Pesertanya malah sibuk ama Gadgetnya (Courtesy of Jejak Budaya 2)
Setelah Diskusi Budaya (Courtesy of Jejak Budaya 2)

Acara Diskusi Budaya selesai sekitar jam 4 sore dan pas kami keluar hujan turun dengan derasnya, sederes air mata mbak-mbak sebelah kos dulu waktu ditinggal sama pacarnya, halaah..

Berhubung hujan yah mau gak mau kami semua ngendon di Kedaton kyak anak ayam yg ibunya abis dimakan ama Dinosaurus, gue yg gak bisa duduk diem ya mondar-mandir persis kyak setrikaan emak gue. Penantian kami gak lama-lama amat kok karena sekitar jam 5 ujan udah selesai membasahi bumi dan hati kami..

Tahukah pemirsah sekalian kalo selama acara Jejak Budaya 2 berlangsung, gue selalu jadi sorotan gegara muka gue yg katanya mirip Jokowi, bukan cuman itu doank, pas diacara ini gue juga ketemu sama manusia yg mirip banget sama Ahok, ya udah deh kami jadi terkenal disini..
Jokowi dan Ahok KW 14

Kembali ke pemirsah sekalian yg menilai, entah mirip apa kgak, yg pastinya sih dari pandangan batin gue lebih gantengan dan kecehan gue ketimbang pak Jokowi.. ya kan pak.. *dikeplak pak Jokowi*

Acara selanjutnya yg akan kami lakukan ialah mengikuti lomba yg sudah disiapkan oleh panitia dan tempat kami berlomba adalah di Creative Park, gue kira kita bakalan lomba cerdas cermat atau apa gitu kek, eeh gak taunya lombanya ialah maen egrang dan lomba sendal yg di isi 4 orang, huh padahal gue berharap ada lomba makan krupuknya..

Bisa ditebak deh,berhubung kelompok gue isinya manusia-manusia laknat dan gak jelas, jadi manteman udah tau deh apa yg terjadi selanjutnya dengan kelompok kami, iya kami KALAH lah, kalo ampe menang yah itu bakal masuk dalam salah satu keajaiban dunia..
Lomba Egrang (Courtesy of langkahkecil.net)
Lomba Sendal 4 Orang

Eeeh aslinya gue itu menang loh, serius deh, cuman berhubung pas kami berubah posisinya eeh gak taunya sendal yg pas gue pake putus, jadi yah kelompok gue didiskualifikasi sama panitia, aaargh sayang sekali pemirsah, gagal deh dapet hadiah sebuah piring cantik dan payung keceh dari panitia..

Selesai acara lomba maka kami diwajibkan untuk kembali ke basecamp untuk malamnya mengikuti acara selanjutnya yaitu Bepelas, nah Bepelas ini adalah sumpah gue gak tau karena gue gak ikut acara ini.. *maafin gue ya panitia*

Gue gak ikut karena kebetulan gue gak bawa kemeja dan memakai kemeja adalah salah satu syarat masuk kedalam kedaton, jadi yg ada malah gue dan Neneng kelayapan ngelilingi Tepian sungai Mahakam sambil ditemeni sama temen-temen kami yg barusan dateng dari Samarinda, sampai akhirnya kami kembali ke basecamp jam 2 pagi dan langsung tepar, hiyaaaa..

Keesokan Harinya..

Selamat pagi manteman, ini adalah hari terakhir dari acara Jejak Budaya 2 dan yg akan kami lakukan selanjutnya ialah mengikuti acara penutupan Erau yaitu Berlimbur, jadi berlimbur itu ialah acara siram-siraman yg tujuannya buat membersihkan dri kita dari berbagai macam dosa yg telah kita lakukan selama hidup.. *eeh kalo keterangannya salah tolong diralatin yah*

Berlimbur ini hampir sama kyak ketika loe nonton berita trus acara beritanya menayangkan para mahasiswa yg lagi demo trus ditembak sama water cannon punya Brimob yg deres banget itu loh, cuman bedanya kalo Berlimbur water cannonnya diarahkan keatas, kalo ampe diarahkan ke peserta ya gue jamin gak bakal ada yg ikut acara Berlimbur ini.. *serius deh*
Dimandiin dulu sama tetua adat (Courtesy of langkahkecil.net)
SiraaaaaaM

Acara Berlimbur ini menurut panitia selesainya jam 3 sore, berhubung gue dan Neneng ada acara sore nanti jadi kami mengundurkan diri terlebih dahulu, sebenarnya berat sih meninggalkan acara Jejak Budaya 2 yg keceh ini terlebih dahulu, toh kami juga belum pamitan sama temen-temen sesama peserta, tapi apa mau dikata, nasi sudah menjadi tumpeng, tinggal dimakan aja deh..

Dalam perjalanan pulang ke basecamp, tak henti-hentinya gue dan Neneng jadi sasaran amukan semburan para warga yg mengikuti acara Berlimbur ini, ya kudu sabar aja deh soalnya kan itu emank udah tradisi, buktinya gue dan Neneng pas disimbur cuman cengengesan doank..

Sekembalinya kami ke basecamp, ternyata ada 2 panitia yg sudah menunggu kami, iya para panitia ternyata akan memberikan kami sebuah kenang-kenangan yaitu sertifikat bahwa kami telah ikut serta dalam acara "Jejak Budaya 2 - The Exploring Erau"
Sertifikat Keikutsertaan Jejak Budaya 2

Akhir Cerita, mengikuti Jejak Budaya 2 adalah salah satu pengalaman yg cukup seru bagi gue karena gue bisa mendapatkan salah satu spot untuk camp yg asik, trus gue juga mendapatkan salah satu ilmu tentang apa sih Erau itu, langsung dari kerabat kedaton lagi.. keceh badai..

Akhir kata, gue ucapin makasih bingit buat panitia yg sudah melihara kami selama 3 hari di kota para Raja Tenggarong, makasih juga buat temen-temen peserta yg ganteng-ganteng dan cantik-cantik, semoga kita bisa ketemu di acara selanjutnya.. Seee uuu bay bay.. *lambaikan tangan*

--------------------===||END||===--------------------

You Might Also Like

34 komentar

  1. hai pak jokowaw dan pak ahok, salam 5 jari.. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. demi Indonesia yg lebih baik.. Merdekaah.. *mulai ngaco*

      Delete
  2. foto terakhir kok sepertinya lagi memamerkan buku nikah ya om. ha ha ha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga yah om.. jadi malu gw.. hi hi hi.. *tutupin muka*

      Delete
    2. makax cepet2 ganti tuh sertifikat ama buku nikah.. kabooor..

      Delete
    3. sebenarnya gw udh bikin buku nikah om, tpi pas mau dicetak tintanya abis, jdi kata pak penghulunya bukunya ditunda dulu keluarnya sampai dgn batas waktu yg tidak ditentukan.. begitu sih.. *modus ngeles ala backpacker ganteng*

      Delete
  3. Keren acaranya sampe" Jokowi & Ahok ikut berpartisipasi hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget.. acara mana cobak yg ada Jokowi ama Ahoknya.. :D

      Delete
    2. Hahha iya juga mas, paling acara" penting. itu juga ga mungkin keduanya dateng :D

      Delete
    3. jadi ini membuktikan bahwa acara ERAU ini penting bingit.. ya kan..

      Delete
  4. Meriah yah acaranya. Banyak peserta yang ikutan berpartisipasi

    ReplyDelete
  5. Heboh banget acaranya.. Keren.

    ReplyDelete
  6. campur aduk buadayanya sama tradisinya. indonesia memang kaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kita harus bangga jadi orang Indonesia ya bro.. ToooS..

      Delete
  7. Pengen ngehammock jugak iss :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo sini hammockan breng gue beb..

      Delete
  8. pak ahoknya mirip beneran matanya gituh. kalo pak jokowinya kayanya engga . hahaha piisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulilah.. sukur deh akhirx ada yg bilangin gak mirip.. makasih om.. *cium cium cium*

      Delete
  9. Wow keren banget ikutan Jejak Budaya 2, kegiatan yang bikin mupeng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgt om.. acarax emank beda dari yg lain.. bikin mupeng deh.. xixixi..

      Delete
  10. Terima kasih telah ikut kegiatan JB 2 / atas nama panitia mohon maaf atas kekurangan -
    Tulisanya Keren - dan semoga bermanfaat
    dan hal yg terpenting adalah sebgai generasi penurus mau peduli terhadap Kebudayaan dan Lestarinya Alam - Budayakan Menulis perjalanmu
    Silhkan Kujungi Blogs http://lintaskukar.blogspot.com/2015/03/hudog-kita.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwaaa ada om cikal.. *peluk dan cipika cipiki dulu*

      selamat datang diblog gw yg rada gak jelas sih om persis kyak orangnya.. iiih jgn ngomong kekurangan om krena semua pasti punya kekurangan, wajah gw kurang aja tpi gw selalu bahagia kok om.. xixixi..

      makasih sudah diperbolehkan manjadi bagian dari keluarga Jejak Budaya.. Salam Budaya..

      Delete
  11. cie cie cie.. tante agus foto berduaan ama cewe, tpi tante agus kan jga cewe, loh, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk berantem sini ama gue mba.. -___-

      Delete
    2. aaaah takuuut, tante agus ternyata jahat deeeh, hohoho

      Delete
    3. huwaaa.. gw om bukan tante.. *nangis dipojokan jamban*

      Delete
  12. mantep acara.y ya bang, semua dapet mulai dari alam.y trus budaya.y juga, apalagi klo ikut acara.y bareng istri, jdi pengen ikutan jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ISTRIIIII... istri yg mana yah.? gue masih jomblo kok mba.. suer deh..

      Delete
  13. eh erau ini kalo ngak salah perna di FILM kan yaaa tahun krmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener om cum.. si Nadine waktu itu yg jadi artisnya..

      Delete