Explore Tana Toraja Sendirian.? Siapa TAKUT

20:39:00

Selamat Subuh Rante Pao

Selamat Subuh Toraja

*Sambil ngucek-ngucek selangkangan, eeh mata maksud gue*

Setelah lebih kurang 8 jam diombang ambing dalam bis jurusan Makasar - Toraja, akhirnya tibalah gue di Rante Pao, iya Rante Pao ini adalah pemberhentian bis terakhir di Toraja..

Sumpe loh, bis Trans Makasar - Toraja itu keren-keren pemrsah, bis di Jawa sana gak ada apa-apanya deh, waktu itu gue naek bis PO Manggala Trans dan tarifnya IDR 140.000 per manusia, dalem bisnya itu keceh dah, pokoknya kita tinggal bubuk cantik dan tau-tau udah nyampe akhirat deh, eeh nyampe Rante Pao maksud gue..
Bis PO Manggala Trans

Ya ampun suasana pagi itu dinginnya ampun dah, bulu ketek gue aja gak berhenti-hentinya gemeteran, berasa kayak gue lagi berada dipuncak gunung, tapi wajar aja sih karena Toraja kan emank berada didataran tinggi, kalo waktu itu suhunya panas jangan-jangan gue bukan di Toraja tapi masih di Makasar.. Nah loh..

Hal pertama yg gue lakuin di Rante Pao adalah mencari tempat penyewaan motor, tenang aja pemirsah karena disekitar sini banyak banget tempat penyewaan motor dan rata-rata harga sewa perharinya ialah IDR 100.000 per unit, lumayan mahal sih untuk ukuran backpacker.. ya kan..

Hal kedua yg gue lakuin ialah nyari toilet umum karena gue udah kebelet eek pemirsah, tapi tahukah kalian kalo di Rante Pao ini sulit sekali mencari toilet umum.. CATET,,

Akhirnya setelah berkeliling tapi tak menemukan toilet juga, akhirnya gue nekat mendatangi pos polisi yg ada di Rante Pao dengan maksud cuma mau minjem toiletnya, loe tau apa kata polisinya pas gue mengutarakan maksud gue, iya polisinya cuman bilang "baru loe makhluk yg berani minjem toilet dipos polisi ini".. keren kan gue.. muwehehehe..

Setelah menuntaskan hasrat suci gue, langsung gue makan mie dideket pos polisi dan selesai makan gue langsung cepet-cepet cus, bukan gegara takut dijitak pak polisi karena berani make toiletnya, tapi karena gue merencanakan di Toraja cuman sehari doank pemirsah, iya sehari karena malamnya gue langsung balik ke Makassar..

Petualangan pun dimulai, tempat-tempat apa saja yg bisa kita explore selama sehari di Tana Toraja ini pemirsah, yuk ikutin aja cerita gue ini..

# Kete Kesu

Tempat wajib yg kudu didatengi di Toraja pertama kali adalah Kete Kesu, bukan Ketek Loe yg bau amis itu yah, kita cukup memacu motor 15 menit doank kok untuk bisa nyampe dimari, padahal gue kira butuh waktu berjam-jam, perkiraan gue salah..

Jadi Kete Kesu itu ialah deretan rumah adat khas Toraja gitu deh, tarif masuknya cuman IDR 10.000 doank kok, gak mahal kan.? Sesampainya disini loh kudu foto dideretan rumah adat ini dan hasil fotonya recomended banget buat ngusir hama, eeh buat dijadikan DP BBM atau Fesbuk loh

Berhubung cuman rumah adat doank, gue gak lama-lama berada dimari karena selain ngejar waktu sekaligus ngejar jodoh yg tak kunjung dapet, ngapain lagi cobak gue dimari, foto udah, ngelilingi rumah adat ini juga udah, tinggal boker disini aja yg belum..
Kete Kesu dari luar
Orang Ganteng lagi selpeh di Kete Kesu

Pas gue mau pamit keluar sama pak penjaga loketnya, tiba-tiba gue distop pemirsah, gue kaget setengah mati lah, gue kira gue distop gegara gue dituduh nyuri kolor dirumah adat, ternyata gue distop gegara pak penjaga loket bertanya..

Kok cepet banget mas, baru setengah jam doank loh..

Iya pak,cuman segitu doank, makanya cepet..

Udah masuk dikuburannya juga mas.???

Hah, kuburan yg mana pak.?

Lah itu disana kan ada kuburan mas, wah mas kudu kesitu, rugi loh kalo ga kesitu..

Dengan menggunakan jurus langkah seribu bayangan miliknya wong fei hung, gue cepet-cepet nyari posisi keberadaaan kuburan itu dan ketemu pemirsah, wuih hampir aja gue ngelewati spot sekeceh ini, untung bapak yg baek hatinya tadi mau memberitahukan keberadaan spot ini, makasih pak.. *ciom pipinya*
Itu Tulang
Itu Tangga
Itu Kepala

Ternyata kuburannya lumayan panjang pemirsah, selain panjang jalannya juga menanjak, habis deh mie yg gue makan pas sarapan tadi, serius loh, melewati deretan tulang belulang ini sendirian tuh rasanya horor banget, sehoror dicuekin ama cewe yg loe incer..

Setengah jam berlalu dan gue buru-buru meninggalkan Kete Kesu, iya masih banyak spot yg kudu gue datengi diwaktu yg terbatas ini.. Lalu kemanakah spot selanjutnya yg kudu kita datengi.? nih liat aja dibawah ini.. cuuuus..


# Londa

Tempat kedua yg wajib kita kunjungi lainnya ialah Londa, coba kita ulangi, LONDA.. iya pinter anak-anak, ntar pak guru kasi permen kaki satu-satu yah..

Londa ini adalah sebuah pegunungan karst yg disulap jadi kuburan dimana mayat-mayat orang yg sudah mati diletakkan didalam peti trus ditaruh gitu aja disini, disini juga ada semacam goa gitu deh, jadi kalo goa nya udah penuh ya yg lainnya ditaruh diluar, kecian yah, pasti mereka kedinginan..
Inilah Kuburan
Pasangan Homo Sapiens

Kenalin nih, yg disebelah gue namana Mark, nama panjangnya gue gak tau karena gue gak sempet nanya, mungkin Mark Zukenberg kali yah, gue temuin dia digerbang depan menuju Londa, karena kasian ya gue ajak aja dia ikut motor gue, daripada dia jalan kaki 2 kilo coba, kan kecian, ntar gantengnya ilang, eeeh..

Berhubung Londa ini areanya kecil doank, jadi ya gue cuman sekitar 15 menitan doank dimari dan segera menuju spot berikutnya, gue sempet rembuk bentar ama Mark dan spot selanjutnya yg kami datengi ialah nih dibawah ini..


# Lemo

Spot ketiga kita ialah Lemo.. Inget loh ya, LEMO bukan Lemon karena itu buah coeg, Lemo ini bukan sodaranya mama lemon loh ya karena Lemo itu kuburan dan mama lemon itu merk sabun cuci fuack..

Jarak dari Londa ke Lemo gak seberapa jauh kok, kalo naek motor cuma sekitar 15 menitan, kalo jalan kaki mungkin sejaman yah, trus kalo ngesot mungkin seharian yah, gue gak pernah nyoba sih dan emank gak pengen nyobain, pantat gue udah tepos masa iya mau diteposin lagi..
Lemo Grave

Lemo ini hampir sama aja yah kyak Londa, liat aja cobak fotonya, hampir gak ada bedanya kan, sama-sama kuburan yg berada dipegunungan karst, tapi kalo dibandingin nih yah, menurutgue suasana horornya masih kerasa di Londa deh, mungkin karena Londa itu medannya tertutup kali yah..

Disini juga kebersamaan gue dan Mark harus tercerai berai, iya gue dan Mark berbeda spot pemirsah, tujuan gue selanjutnya ialah ke Batutumonga sedangkan Mark mau ke Kambira dan Mark udah pernah ke Batutumonga, coba dia belum kesana yah gue ajakain ke Batutumonga, bay bay Mark, senang berkenalan dengan kamu..


# Batutumonga

Spot keempat kita bernama Batutumonga dan merupakan tempat tertinggi Tana Toraja, disini kita bisa melihat hamparan permadani nusantara, kita juga bisa melihat bukit-bukit yg menjulang tinggi, kita juga bisa melihat Miyabi lagi mandi loh, dismartphone kita masing-masing maksud gue..

Menuju Batutumonga ini lumayan jauh loh, dari Rantepao aja sekitar sejaman, apalagi gue yg memulainya dari Lemo, yah sekitar 1.5 jaman deh, tapi aseli pemirsah, sepanjang perjalanan menuju Batutumonga tuh pemandangannya ciamik deh, berasa kyak makan lontong balapnya pak wo, ciamik soro deh..
Permadani Nusantara
Bukit menjulang tinggi
Anak ganteng lagi selpeh

Pas gue ampe dipuncak Batutumonga, ya ampun ramenya gak ketulungan, usut punya usut dibalik kasut, ternyata untuk menuju jejeran bukit yg tampak pada foto diatas, kita kudu tracking selama 2 jam dan katanya dipuncaknya itu keren banget, sayang waktu gue mepet, coba gak gue pasti nekat kepuncaknya..

Saking terkesimanya gue ama pemandangan di Batutumonga ini sampe-sampe gue lupa kalo jam udah menunjukkan pukul 2 siang, gue segera turun menuju Rante Pao dan mencari makan siang, di Rante Pao ini gak sulit yah mencari makanan halal, asal kita rajin-rajin bertanya aja,tapi jangan kebanyakan tanya juga yah ntar dikira kepo..

Eits, perjalanan gue belum berakhir pemirsah, berhubung masih jam 2 dan bis ke Makasar masih berangkat jam 9 malam, jadi waktu gue masih lama donk, gue coba-coba search dan tanya-tanya ama temen gue si Neneng tentang tempat apalagi yg kudu didatengi, lalu terpilihlah.. jeng jeng..


# Kambira

Ya ampun pemirsah, letaknya Kambira ini deket ama Lemo, tau gitu gue kesini dulu baru ke Batutumonga, jadinya malah bolak balik deh, tekor bensin..

Kambira ini letaknya agak sulit dicari yah pemirsah karena menjorok kedalam perkampungan banget, trus letaknya deket dengan perbatasan, jadi kalian kalo mau kesini kudu modal iler yg agak banyak, iya kalian kudu sering-sering tanya, biar aja dikatain kepo yg penting kan gak kesasar..
Pohon serem
itu makam bayinya

Jadi Kambira ini adalah sebuah pemakaman bayi loh, bayi yg udah meninggal dimasukkan kedalam sebuah pohon, iya jadi pohonnya dilubangi gitu deh trus mayat bayinya ditaruh dalam lubang itu dan tinggal ditutup ama ijuknya pohon aren..

Gue gak tau apa nama pohon yg dijadikan tempat pemakaman ini, gue juga gak tau kenapa gak ada bau mayat sama sekali disini yah. mungkin disedot sama pohon ini kali yah bau mayatnya, entahlah yg terpenting gue udah seneng bisa berkunjung kemari..

AND THEN..

Yapz pemirsah, berhubung udah sore jadi gue memutuskan untuk menyelesaikan trip ini dan kembali ke Rante Pao untuk sesegera mungkin mencari bis kembali ke Makassar karena besok jam 12 gue udah kudu balik ke Balikpapan..

Kalo anda pengen ke Toraja dalam jangka waktu sehari doank, kalian bisa mengunjungi ke 5 tempat yg gue datengi waktu di Toraja, selamat berbackpackingan, jangan takut jalan sendiri yah, jalan sendiri itu asik loh, sumpah deeh..

--------------------===||to be continue||===--------------------

You Might Also Like

56 komentar

  1. Pengen ke Toraja, tapi musti lebih lama terutama buat mengenal mereka dan suasana paginya pasti asyik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren sih msh pengen lama2 om, cma apa daya waktu lah yg akhirnya membatasi, hiks..

      asik banget disini om, dinginnya semriwing, tpi sayang ga ada toilet umum.. syediih..

      Delete
  2. kekuburan yg penuh tulang belulang sendirian, kmu memang pemberani mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. aselinya sih takut lah om, cma diberani2in aja.. :D

      Delete
  3. loh kok sendirian, mba yg brengan dimakasar kemaren mna mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara kami berpisah sampe batas waktu yg belum ditentukan

      Delete
    2. owh jdi ceritanye pisah ranjang nih yee, kecian bgt sih :P

      Delete
    3. hayok sini berantem ama gw yok ning..

      Delete
  4. oh, bisa ya sendirian kesana, layak dicoba nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudu dicoba tante liza.. Berlin musim apa te.?

      Delete
  5. toraja itu emang kebanyakan soal adat, tradisi dan budaya. udah terkenal banget deh.
    gue jadi penasaran sama isi dalam bis nya.. kenapa nggak difoto kalau emang keceh2 dalemnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sengaja ga diupload jev biar pembaca pada penasaran, hihihi..

      Delete
  6. Kemarin diajakin ke Toraja tapi karena satu dan lain hal akhirnya nggak ikut.
    Tapi emmm kalo sendirian kayaknya belum berani deh aku hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali, pdahal Torajah itu keren bgt.. Aselix sih gw jg ga berani sendiri kaka tpi berhubung ga ada temen ya aku mah apa atuh.. #kemudiannyanyi

      Delete
  7. haduh ndan..kirain homo beneran, ternyata cuma caption..backpacker sendirian kamu dan.berani banget..udah gede kok ya hehhe sip dah salam kenal ya #shakehand :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwaaa, iiih masa cowo seganteng ini homo sih om, gak lah yaw..

      Salam kenal juga om.. ToooS..

      Delete
  8. Selalu ingin menjelajahi lokasi ini suatu hari nanti. Semoga esok segera dapat kesempatan mengunjungi budaya yang luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin amin.. semoga segera kesana ya om.. :d

      Delete
  9. indah banget ya toraja ... alamnya, rumah2 adatnya ... tapi yang paling amazing .... kuburannya ....
    kayaknya kuburan yang paling banyak di kunjungi ya di toraja ini ...
    kuburan di jawa ... paling kalau mau bulan puasa aja .. he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokokx amazing bgt deh om, sayang gw cma sehari doank disini gegara kerjaan udah memanggil2.. huh..

      Delete
  10. waaaa gue belum pernah ke situ!
    nggak sengaja nemu blog ini, jadi senyam senyum sendiri...
    mulai nabung ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kesana jgn lpa traktir gw kesana jg ya kaka, eeh jgn senyam senyum sendiri loh ntar dikira kesambet, hih serem.. :D

      Delete
    2. eh iya... ayuklah travel bareng. tapi gak pake traktir hahaha
      dompet tipis.. :D
      guenya suka travel, temennya gak ada...
      senyum2 sendiri kalo lagi dipojokan..

      Delete
    3. wah kita senasib donk kaka, dompet gue jg tipis, maklum isinya nota semua.. muwehehe..
      lagi2 kita senasib, gue jg suka travel tpi ga ada temennya, huh
      udah jgn senyum2 sendiri lg yah, gue jdi horor deh..

      Delete
  11. Ngeri kebanyakan tempat wisatanya makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan khasnya Torajah emank pada pemakamanx yg laen dripada yg laen om.. :D

      Delete
  12. Hei saya mau ke toraja dan maros pulau kodingareng keke nih tgl 11 nov 2015 sampai 15 nov 2015,, yuk join share cost sdh ada 4 org, udah beli tiket semua ,, pin bb 52753082

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai jg bang isal.. wah gue kyaknya ga bsa ikut bang, lagi ada trip ke kalteng bulan depan..
      Selamat jalan2 ke toraja yah bang.. :D

      Delete
  13. untuk kebun kopi atau koperasi penjual kopi, atau cafe di Toraja tepatnya di daerah apa yah? karena Toraja selain terkenal dengan budaya nya, terkenal pula dengan kopi nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu gue kesana gue sempet mampir untuk beli kopi om, daerahnya disekitar kambira situ om.. sekilo cuman 75 rebo om.. aseli giling sendiri..

      Delete
  14. berasa piknik dari satu makam ke makam yang laen ya bang. huehuehue

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekale.. berasa horor kan yee..

      Delete
  15. Jadi atuttt liat fotonya bang.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. guenya terkesan horor gitu yah bang.. :D

      Delete
  16. Kamu pasti jomblo, pergi nya sendirian hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om cum, nasib jomblo yah gini deh.. "syedih"

      Delete
  17. Salam kenal k agus, ceritanya keren lah walaupun berhasil bikin diriku ini guling gulingan dari depan pintu rumah ampe dapur karena ngakak stafium akut. .jadi pengen de trip bareng kk. .dan thanks info lengkap untuk perjalanannya ke sulawesi ini ya. .* kedipin mata*

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jugak.. guling2nya jgn sampe rumah sebelh ya ntar dikira ada gangguan pencernaan.. eeh lain yah.. :D

      yuk kapan2 ngetrip bareng, kabar2 aja yow.. :D

      Delete
  18. Blognya keren, Mas! Gampang dimengerti, and buat tambah gak sabar ke Toraja December tahun ini.

    Mau nanya nih, selain siapin jaket menghadapi kedinginan tanpa membawa yg bisa ngangetin, bawa sepatu juga kah?

    Thanks Kakak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie yg mau ke Torajah, keren loh toraja itu, sumpah deh..

      gw sih waktu itu ga bawa sepatu soalnya rempong dan berat, jadi cuma bawa sendal gunung dan kaos kaki doank..

      Selamat menjelajah Torajah.. :D

      Delete
  19. Numpang nanya bang, bus dr toraja ke makassar yg jam mlam itu tepat waktu ga sampainy jm6 pagi? Bsa minta turun dbandara ga?

    ReplyDelete
  20. Numpang nanya bang, bus dr toraja ke makassar yg jam mlam itu tepat waktu ga sampainy jm6 pagi? Bsa minta turun dbandara ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepat waktu bgt bang, jgn telat yah ntar ditinggal..

      rutenya bis nya emank melewati bandara bang nabil, jadi bisnya ntar sebelum keterminal daya dia mampir dulu dibandara sekitar jam 4.30 subuh, begitu sih waktu gw menggunakan bis itu..

      Delete
  21. Replies
    1. kuburan semua kaka, nemu pemandangan agak bagus cuma di batutumonga.. hihihi

      Delete
  22. mamas Agus yg lucu (haha sok kenal)

    tempat yg dikunjungi di Toraja yg uda disebut di atas , sudah termasuk desa lolai belum yak ?

    oiya kalau mau nginep di Toraja ada rekomendasi gak ? Trmkasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makacih udah dibilang lutu, jadi malu nah.. *tutupin muka pake kresek*

      hwaaa gak termasuk desa lolai kaka soalnya gaksempet waktunya, kan cuman sehari doank disana jd ga bsa explore sampe kedalm2nya.. hihihi..

      bedewei, tgl 22 ini gw mau ke sulsel lagi buat naek ke Gn.Latimojong trus turunnya mampir ke Torajah, yuk gabung.. :D

      Delete
  23. Kakak Agaa makasih sudah direspon, aku terharuu ����

    waah gw malah mau naik ke latimojong tgl 12 Kak, lanjut Toraja dan berikutnya Rammang". bareng ama gw aja dah Kak, kami buta arah dari Jekardah butuh banyak teman hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wWlah, gw udah booking tgl 22 desember jam 9 malam mba Cahya dan langsung berangkat ke enrekang, turun gunung langsung ke toraja, trus besoknya explore mamuju di sulbar, trus pulangx lewat palu di sulteng, 3 provinsi sis.. hihihihi gempor duitnya..

      ayo kalo mau gabung kitak.. :D

      Delete
    2. yaah Kak Aga, gak jodoh kitaa hehe. gilak 3 provinsi bisa jadi gembel pulangnya haha. btw kakak, gw butuh arahan transport dari latimojong ke torajanya nih. mohon petunjuknya dong ? :D

      Delete
    3. yah sayang ga jodoh tripnya, selain gembel bisa plus ngesot pulangnya..

      hwaaa suer gw gak tau rute dari latimojong ke torajah, taunya dari makasar ke torajah aja, ini aja ntar meraba2 disana sekalian pake bantuan GPS (Gunakan Penduduk Sekitar), nasib kita samah.. berpelukan.. eeh.. :D

      Delete
    4. bukan muhrim Bang pake berpelukan ! hahahaha

      waah sukses lah buat kita ya semoga cuaca ceraaah ceriaa yaa

      Delete
    5. Kak Agaa, boleh nanya nomor rental motornya gak ? 😁 Thanks before

      Delete
    6. Amiiin, semoga pas kita kesana cuaca lagi bersahabat yah mba cahya, sekali lagi AMIIN..

      Hmmm, kyakx ga usah pake nomer rental deh karena sampai di rante pao itu hampir dimana2 udah pada berjejeran rental motor, kita tinggal pilih doank.. asik yah.. berasa di Bali.. hihihi

      Delete
  24. Salam kenal mas agus :)

    Pas solo backpacker di makasar-toraja berarti aman-aman aja ya mas?
    Sempet ditakut-takutin,katanya kalo jalan sendirian di sana kurang aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga bang ali, aman bgt loh bang dan sampe pulangx gw kekaltim gak terjadi apa2 loh..

      Delete