Bukit Sembinai - Bukit Karst Super Keren di Batu Kajang

21:42:00

Itu dimana om Ady.?

Demi apapun itu dimana om Ady.?

Tak cium loh om Ady kalo gak mau kasih tau..

Yah gegara gue ngeliat postingannya temen gue disuatu tempat yg kerennya udah gak ketulungan lagi, gue langsung maksa si temen gue yg bernama Ady buat nunjukkin dimana keberadaaan tempat dia berselpeh ria tersebut..

Setelah gue paksa-paksa sembari nenteng clurit dan gue beri iming-iming seperangkat alat sholat akhirnya si Ady mau memberitahukan tempat keren dimana dia berselpeh ria dan bahkan mau mengantarkan gue ketempat itu.. Asheek..

Emank apa sih nama Spot itu.? Trus kesananya pake transportasi model apa.?

Cie penasaran yah.!!! Sabar dikit napa..

Karena gue baik hati dan gak rajin menabung jadi gue kasih tau deh apa sih spot yg bakal kita bahas kali ini, jadi katanya sih nama spot ini adalah Bukit Sembinai, nah bukit ini adalah hamparan bebatuan karst yg menjulang tinggi gitu, jadi keren banget deh..

Bukit Sembinai ini masuk dalam wilayahnya Batu Kajang dan itu tandanya kita membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan dari Balikpapan menuju Batu Kajang, itu baru perjalanan pake kendaraan loh yah manteman, belum masuk itungan trackingnya..

Loh emank pake tracking yah.!!! ya iyalah FAK.. Ngelilingi moll aja kalo diitung-itung juga masuk dalam kategori tracking, nah apalagi mau ke spot kyak beginian.. hellow..
Bukit Karst Sembinai

Untuk transportasi sih lebih afdol menggunakan kendaraan pribadi yah karena seperti kasus-kasus sebelumnya kalo di Kalimantan ini paling susah sama yg namanya kendaraan umum, walaupun ada pastinya akan sangat menguras waktu karena kendaraan umum disini punya waktu trayek khusus.. fiyuuh..

Lalu kendaraan apa sih yg gue pake menuju ke Bukit Sembinai.!!!

Dengan bermodalkan 1 buah sepeda motor Vixion yg baru aja lunas kreditnya, ditambah dompet yg isinya ada sebuah KTP dengan status masih lajang, gue memulai perjalanan ke Bukit Sembinai yg emank emank keceh badai..

Gue kira bakalan 4 jam lebih nyampe di Batu Kajang, sekalinya 3 jam doank udah nyampe pemirsah dan gue adalah tim pertama yg nyampe di Tekapeh, loh kok tim pertama.? iya karena yg ikut dalam penjelajahan Bukit Sembinai ini ada hampir 80 orang dan terbagi dalam beberapa tim, keren kan..

Ancer-ancernya gimana sih biar gak kesasar.?

Nah ini yg penting, jadi yg paling utama kalo udah nyampe di Batu Kajang adalah cari terlebih dahulu mesjid jami As-Salam di Batu Sopang, Paser, letaknya dikanan jalan kalo kita dari arah Balikpapan, trus disebelah mesjid ada jalan masuk, kita masukin aja trus jalanan itu sampe mentok-tok dah..

Kalo udah mentok ntar ada jembatan warna ungu, parkir aja dah kendaraan kalian disono, tapi ijin dulu sama warga sekitar, diseberang jembatan itu ialah letak Goa Tengkorak manteman, jadi bisa deh kalian mampir-mampir dulu kesono, tapi kalo waktu udah mepet mending langsung tracking ke tekapeh deh, keburu malem..

Jalur trackingnya panjang dan nyeremi gak.?

Nyeremi dari mana cobak, kita mau tracking hutan bukan mau tracking ke kuburan pemirsah, jadi waktu tempuh dari parkiran ke spot tempat kita ngecamp itu sekitar sejaman doank kok, trus medan trackingnya itu gak menanjak jadi aman-aman aja sih..

Setelah sejam melakukan tracking menyisiri sungai dengan air yg juernih sejernih hatiku yg belum ternodai, halah.. maka kita akan sampai disebuah spot yg ciamik soro banget loh, itulah tempat kita ngecamp manteman.. *kemudian buka tenda*
itu tenda gue
perpaduan batu, sungai dan kerikil
bagos khan

Jadi spot ngecamp kita ini emank recomended banget karena tepat berada dihamparan pasir, padahal awalnya gue kira kita akan ngecamp diatasnya hamparan kerikil karena sepanjang tracking yg gue liat cuman kerikil doank, alamak kebayang kan rasanya ngecamp diatas kerikil, lecet pundak berbie..

Sesudah buka tenda gue kira kita kan rehat sambil nunggu kelompok lainnya dateng, eeh yg ada malah temen-temen semua langsung ngajakin naek ke puncak Bukit Sembinai, padahal rencana awal kita muncaknya pagi hari loh..

Apa aja sih yg kudu dipersiapkan ketika muncak.? trus ada tips ketika muncak gak.?

Nah ini penting banget yah manteman, jadi kenapa kami memilih muncak sekarang, ternyata kata temen-temen Batu Kajang yg jadi guide kami memberitahukan bahwa kouta diatas itu cuma muat 10 orang, nah kita semua kalo diitung-itung sama yg belum dateng ada 80an manusia, makanya kami dianjurkan muncak sekarang, sekalian sunsetan gitu..

Berhubung butuh waktu sekitar sejaman untuk melakukan tracking kepuncak bukit jadi ada beberapa point penting yg kudu diperhatikan, ini dia..
  1. Bawa air minum secukupnya karena sepanjang jalur tracking jangan harap menemukan air..
  2. Bawa webbing karena pas akan nyampe dipuncak ada tebing berelevasi 90 derajat, sulit naiknya kalo tanpa bantuan webbing kecuali kalian udah mahir..
  3. Ini lebih penting, usahakan bawa pemandu atau orang yg udah pernah kesini karena bakalan kesasar deh kalo tanpa bawa orang yg tau medan ini..
  4. Inget, kuota diatas itu cuman 10 manusia, kalo badannya gede semua berarti cuman muat 5, catet yah..
Dan emank bener aja sih, kami aja kudu gantian buat naek kesini, untungnya gue kelompok terakhir jadi sampe puas deh gue diatas sini, tentunya sambil nunggu sunsetan.. Nih gue beri sedikit gambaran gue dan manteman diatas puncak Sembinai.. Asheeek.. 
..Penampakan Kevin Julio setelah kena kutuk..
..Sunsetan kaka..
...Tante Ivana sama Tante Selvi dari Balikpapan Backpacker lagi jadi pengibar bendera, hormat graak...

Pada akhirnya setelah hampir sejaman gue diatas, tim kami segera turun karena hari udah mulai gelap cook, kami gak mau tracking dimalam hari, aseli medannya berelevasi kampreet semua, makanya cepet-cepet kami menghindari tracking malam..

Sampe pada akhirnya malam pun menjelang..

Dimalam yg indah ini, gue kudu jadi Ranger dadakan manteman, iya berhubung ini adalah trip gabungan dari berbagai komunitas dengan berbagai macam latar belakang anggota, ditambah ada yg masih kerja sampe sore dan baru bisa nyusul malam hari, jadi yah gue kudu ikhlas lah jadi pemandu..

Mau gak mau gue kudu bolak balik dari Camp ke Parkiran buat jemput semua temen-temen yg udah tiba, terkadang gue kudu keluar buat nyari logistic juga, tapi gue seneng karena bagi gue bisa menjemput temen-temen dan membantu mereka itu merupakan suatu kebahagiaan sendiri, halah ngomong apasih..

Dimalam yg ruame banget dibasecamp, gue cuma bertahan sampe jam 12 doank dan kudu terkapar karena kecapean manteman, hoam gue bubuk dulu yah..

Eeh trus besoknya ngapain lagi.? ada spot keren lagi gak.?

Hoam selamat pagi, iya iya bentaran, gue jawab kok.. Jadi subuh tadi temen-temen yg datang malam udah pada naek ke puncak bukit sembinai, nah trus yg udah muncak gimana donk.?

Eits tunggu dulu manteman, Sembinai ini menawarkan banyak spot loh, selain bukit dan hamparan sungai yg keceh badai, ternyata ada banyak goa loh dan acara pagi kami kali ini adalah susur goa, yuk cap cus..
...Goa Pintu 2...
...Goa Pintu 1...

Tau gak sih kalo area Sembinai ini punya beberapa goa, tapi yg paling besar dan keren cuman goa pintu 1 dan 2, kalo goa yg lainnya pendek dan kecil trus bau eek nya kelelawar, jadi males banget deh gue masukin, hampir jackpot milyaran rupiah gue..

Keren kan Sembinai ini, loe bisa dapat beberapa spot keceh dimari, pokoknya menang banyak deh kalo kemari, trus bener-bener gak ada kotoran atau sampah disini.. makanya gue ingetin yah..

"Jangan buang sampah sembarangan disini, PLEASE"

Berhubung udah siang jadi kami semua menyelesaikan trip kami di Sembinai ini, yah kami semua kudu kembali keperaduannya masing-masing, setelah acara pamit-pamitan selesai gue langsung mengeber motor gue dan sampe ketemu lagi yah manteman ditrip selanjutnya.. bay bay.. *lambaikan tangan ke kamera*.. #loekiraujinyali..

--------------------===||END||===--------------------

You Might Also Like

29 komentar

  1. bagooooos bingit om,, mau nah diajakin ksana

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran mau diajakin kemari, nanti pas diajakin alesan macem2 lagih.. huh..

      Delete
  2. Ini semacam persami ya bang, jdi sabtu minggu saja cukup ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun bang, kyak adek2 pramuka donk ekeh bang klo persami..

      Delete
  3. Lokasi nginian emang susah dipanjat tapi udah diatas emang asyik bener.. mirip bukit karst di Gunung Fatuleu http://awalnya.blogspot.co.id/2015/09/gunung-fatuleu-nyaris-vertikal.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. tpi lebih sulitan memanjat kenangan loh om tiar, huwahahaha..

      iiih semua bukit di NTT tempat om tiar itu mah keceh-keceh, pengen kesana nah.. :(

      Delete
    2. Jiah.. yang jomblo emang ngakunya begitu... nih bukit emang gak kelah kece apalagi kalo manjatnya bareng cewe kece.. hahaha

      Delete
    3. kali laku bang.. xixixi.. untungnya gw naek bareng cewe jdi sampe lupa kalo gue jomblo bang.. :D

      Delete
  4. wedyaaaannnn... seru abiss nampaknya :D
    salam buat tante ivana sama tante selvi hehe
    Salam hangat dari pulau karimunjawa jepara :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru bgt donk, siap ntar salamnya dikirim langsung pke TIKI deh..

      Salam hangat dari bumi BORNEO.. :D

      Delete
  5. kapan kapan buka wisata kesitu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bisa, tpi kudu lapor dengan pihak setempat yah.. ok bang.. :D

      Delete
  6. Tuh tempat keren banget Mas Agus. Kevin Julio kena kutuk juga keren..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas sanjungannya om.. "cium om gun"

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius bru tau om, padahal ini udah lama loh bukitnya..

      siap om, meluncur keblognya..

      Delete
  8. libur natalan kemarin aku sempat ke batu kajang, tapi cuma k goa tengkorak dan goa loyang
    mudah2an nanti ada waktu main ke sembinai

    btw, klo nnti ada trip lagi bolehlah aq join. dulu tinggal di makassar, sekarang stay di balikpapan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah orang balikpapan, gue jg orang balikpapan yg kebetulan kerja dihandil kaka..

      ini perjalanan gw 2 tahun yg lalu kaka, cuma bru sempet nulis tahun ini.. bedewei tgl 8 oktober 2016 kemaren gw barusan abis dari sembinai lagi, reunian sama temen dibatu kajang, wah sayangnya coba tau gw ajak sikaka dah tuh..

      salam kenal ya kaka rahma, ntar kapan2 kita meet up dibalipapan yow.. toooh..

      Delete
  9. aku ada pertanyaan bang
    -abang pekerjaannya apa sih isi blognya liburan melulu
    -abang dirikan tenda disana buat apa sih,kok gak nginap di hotel,mungkin biar hemat ya?
    -abang pakai autan gak kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw, pertanyaan detail bingit.. ok gw jawab yah..
      1. pekerjaan gw cuma pembela kebenaran dan keadilan doank kok
      2. gw mendirikan tenda krena gw blm sanggup mendirikan rumah tangga
      3. kebetyolan gw jomblo yah jdi tanpa pake autan pun nyamuk gak ada yg mau deket.. "nasib jomblo mengenaskan yah"

      udah dijawab yah, makasih.. salam kecup mesrah.. muach..

      Delete
  10. ooh aku pernah baca di blog abang mysterious paser 1 klo nggak ada hiburan dilaptop abang,oke aku bagi emulator ps1 gan
    daripada elo donlod bokep

    http://www.4shared.com/rar/yRLWGkCH/PSXFin_-__PS1__Emulator_v113__.htm

    itu bisa dipasang stik dan bisa multiplayer lho gan,bisa main berdua ama teman2 lagi,klo mau download gamenya cari di google banyak kok tinggal ketik nama gamenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau bisa juga di

      https://en.softonic.com/s/psx/
      pilih epsxe

      lebih murah pake joystik usb converter gan,cuma 50.000,pasang stiknya baru di setting di emulatornya

      Delete
    2. terima kasih infonya kakak.. DAEBAK..

      Delete
  11. kenapa abang sekalian netap dibatukajang aja?
    batu kajang pemandangannya keceh2 gitu lho,
    sekalian aku juga mau balik ke batukajang buat ketemu abang...(mungkin tercapai)
    dari tempatku ke batu kajang cuma 3 jam lho
    salam dari tanjung tabalong,kalsel,sebelah paser juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw kan kerjanya dibalikpapan bang jail, jdi gak mungkin donk netep di batu kajang..

      AMiin semoga kita bisa ketemu yee bang.. :D

      Delete
  12. Om om kapan mau k sana lagi? Saya mau dong d pandu k sana 😳

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwaak udah 4 kali gue kesana, gak tau kapan nih ada niat mau kesana lagi, jauh soalnya kalo motoran, hiks..

      Delete