Goa Batu Gelap Separi - Goa Keramat yg Bikin Encok Kumat

20:25:00

Bermula dari kopdar-kopdar santai disebuah Cafe yg sangat terkenal di seantero Handil, sebuat saja nama Cafe itu King Cafe, terlahirlah sebuah ide untuk menyusuri sebuah Goa yg sangat fenomenal di Tenggarong Seberang, nama Goa itu ialah Goa yg tertukar, itu Putri FAAK.. eeh maksud gue nama goa itu ialah Goa Batu gelap..

Bedewei, Handil itu apa sih.?

Jadi Handil itu adalah sebuah nama Galaxy yg berada diantara Galaxy Bintang Orion dan Galaxy Grand Duos, itu merk Smartphone Samsung kali FAAK.. Pokoknya Handil itu nama sebuah kota yg keren banget deh, udah itu doank.. SKIP..

Dari beberapa data yg kami terima, Goa Batu Gelap terkenal akan keangkerannya dan keramatnya, banyak temen yg bilang kalo pas mereka kemping disono terjadi banyak penampakan, entah itu penampakan setan, penampakan janda kembang dan yg lebih mengerikan lagi ialah penampakan mantan.. *abaikan penampakan yg terakhir*

Pake kendaraan apa sih kalo mau kesana.?

Pada perjalanan kali ini, gue mengunakan motor karena jujur gue masih binggung kalo mau menggunakan kendaraan umum, iya salah satu kesulitan ngetrip hemat di Kaltim ini ialah ada pada permasalahan kendaraan umum, disini jarang banget ada kendaraan umum, serius deh..

Berhubung trip kali ini adalah trip gabungan dari beberapa wilayah antara lain Kota besar Handil, Samarinda, Balikpapan, Tenggarong dan Bontang, jadi kami tentukan meeting pointnya ada di simpang tiga lembuswana perbatasan Samarinda dan Tenggarong..

Eeeeh temen-temen dari Bontang malah bawa mobil loh, jadi lumayan kan kita bisa titip peralatan kyak tas, tenda dan mantan didalam mobil mereka.. *mantan lagi*

Kalo mau lebih hemat lagi kalian bisa kok jalan kaki, tapi siapin aja dengkul cadangan ya dan sebenarnya jalan kaki ini sangat tidak direkomendasikan loh yah, ini hanya alternatif terakhir..

Jalan menuju kesana aman gak sih.? Pake acara tracking gak.?

Kita andai-andaikan kalo gue memulai perjalanan dari Balikpapan nih yah, sepanjang perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda jalannya lumayan sih, iya lumayan banyak bolongnya kayak gigi geraham gue, malas sikat gigi sih..

Perjalanan mulai menantang semenantang dadanya jupe ialah ketika dari Samarinda menuju Separi dimana letak goa batu gelap berada, iya jalannya bisa bikin turun peranakan pemirsah, berapa kali motor gue masuk lobakan, untung motor gue motor laki yg shocknya panjang jadi aman aja deh, kalo andaikan pas itu gue make motor matic, kelar velg gue..

Untuk bisa mencapai goa batu gelap ini cukup mudah kok, soalnya ada plang petunjuknya yg terdapat dipinggir jalan, kalo ketemu plang petunjuk itu maka kita tinggal masuk lagi kedalam sekitar 15 menit dan nyampe deh.. horeeee...

Eits tunggu dulu, bukan nyampe goanya loh tapi nyampe Parkiran.. *mampus dah loe*

Ekspektasi gue pas pertama kali nyampe parkiran ialah wah pasti kita bakalan tracking agak jauh untuk menuju mulut goanya, ealah ternyata ekspektasi gue gak sebanding ama apa yg gue bayangin, nah cuman tracking 15 menit doank dari parkiran eeh tau-tau udah nyampe di mulut goa.. Kan kampreet sih.. oh iya, kita ntar ngecampnya didepan mulut goa loh..
Gerbang masuk kedalam Goa Batu Gelap
Nah tuh camp kami
Pemandangan didepan Goa *abaikan modelnya*

Jadi didepan mulut goa itu ada semacam tanah lapang gitu deh, jadi kita bisa menggunakannya untuk membangun rumah tangga, eeh membangun tenda maksud gue, kami membuka tenda disitu sebenarnya atas saran bapak juru kunci juga, pokoknya gak bole sembarangan kalo disini.. *katanya sih begitu*

Eeeh manteman, ini ada beberapa point penting kalo mau ke Goa Batu Gelap, cuuus..

Pertama, sebagai manusia yg baik dan berhati mulia, sebelum masuk ke areal goa, ijinlah terlebih dahulu kepada juru kuncinya yaitu pak Abidin, sumpah walaupun udah berumur tapi pak Abidin ini orangnya gaul banget deh, buktinya pegang tongsis aja dia faseh banget..

Kedua, jangan pake baju berwarna kuning karena makhluk astral penunggu disini gak mengijinkannya, gue curiga jangan-jangan penunggu disini mantan simpatisan sebuah partai berbendera kuning di Indonesia deh..

Ketiga, buat para kaum hawa, kalo kebetulan lagi ada yg dapet entah dapet doorprize nikah massal atau dapet undian umroh, eeh bukan bukan, maksud gue dapet yg itu nah..Langsung bilang ke pak Abidin yah kalo lagi dapet karena lagi-lagi penunggu disini agak sensi sama cewe yg lagi dapet..
Ssst jangan ribut, lagi ritual

Keempat, udah liat foto diatas kan, itu adalah sebuah ritual pemirsah, siapa juga yg bilang kalo itu lagi nonton final piala sudirman.. jadi waktu itu kami lagi bakar ayam kan, nah sebelum kami mencicipi makanan itu maka kudu diritualkan dulu, takutnya penunggunya pengen ngincipin kan kecian sih, ntar kepuhunan lagi..

Ada ketemu penampakan gak.?

Nah ini, kan banyak yg bilang kalo goa ini sangat kental sekali dengan suasana mistisnya yah, tapi Alhamdulilah waktu kami ngecamp disini gak ada penampakan terlihat sama sekali, mungkin mereka pada tau kali yah kalo yg ngecamp disitu adalah mantan raja-raja setan yg sudah bertransformasi jadi manusia..

Waktu malam itu aseli gue penasaran pengen ngeliat momen-momen apa sih yg mendebarkan disini dan saking pengen ngeliatnya ampe gue bela-belain begandang, tapi sampe subuh tiba pun ternyata tidak terjadi apa-apa dan gak ada momen yg terlihat, semua datar pemirsah, sama seperti sikapmu kepadaku.. halah.. *kemudian baper*

Dan akhirnya pagi pun menjelang.. Jeng jeng jeng..

Ayo mana nih susur goa nya.?

Sabar napa cobak, kan nunggu pagi dulu, masa iya mau susur goa malam-malam..

Berhubung kami ada 17 orang jadi mau gak mau kami kudu dibagi menjadi 2 tim terlebih dahulu dan gue berada di tim kedua. Untuk masuk menyusuri goa kita harus ditemani oleh pemandu dan yg memandu tim kedua adalah pak Abidin langsung, asheek..

Goa batu gelap ini merupakan goa dari bebatuan karst gitu, mirip banget ama goa-goa di Batu Kajang, tapi goa di sini agak menjorok kedalam tanah, jadi kesan horornya memang bener-bener kerasa, bahkan rasanya bisa mencapai ratusan bahkan lebih kyak iklan tango itu loh..
Berani loe manjat keatas sono
yok naek tebing
Anggap aja ini F4

Salah satu keberuntungan kami pas menyusuri goa ialah pak Abidin dengan fasehnya menjelaskan beberapa sejarah tentang spot-spot yg kami datengi antara lain keberadaan putri mayangsari yg merupakan penunggu sini, keberadaan kijang putih, keberadaan naga yg berwarna merah, tapi sumpah gue gak tau tuh naga udah level berapa manteman.. *loe kira ini COC*

Gue sempet heran ama pak Abidin tentang fasehnya dia menjelaskan beberapa sejarah disini, mungkin dulunya dia guru sejarah kali yah yg beralih profesi menjadi pemandu disini sebagai wujud rasa sayangnya pada goa ini.. tsaaah..

Harap diinget yah manteman..

Keberadaan webbing dalam menyusuri goa ini emank sangat diperlukan loh pemirsah, terbukti hampir disemua spot kami menggunakan webbing, mengingat banyak sekali acara manjat memanjat, jadi kalo kesini jangan lupa bawa webbing yah..

Menurut gue nih ya, ada tiga spot didalam goa ini yg bener-bener bikin spechless loh, saking bikin spechless nya sampe-sampe gue hampir lupa kalo gue sebenarnya ganteng, halah apasih..
Kolam tempat mandi Putri Mayangsari
Batu Jodoh
Singgasana Putri Mayangsari

Pada spot difoto pertama, itu adalah kolam mandinya putri mayangsari, iya jadi didalam goa itu ada kolamnya dan itu jarang ada di goa manapun loh, konon disitu dijaga oleh naga berwarna merah menyala manteman, kalo di COC naga yg warnanya merah berarti udah level 2 keatas, halah apasih..

Liat spot kedua, pasti bertanya-tanya kok ada dua insan manusia yg meluk tuh batu sih.? Jadi itu adalah batu jodoh pemirsah, konon kalo kalian meluk tuh batu jodoh bareng pasangan kalian dan tangan kalian bisa menyentuh tangan pasangan kalian masing-masing maka In sya Allah hubungan kalian bakal langgeng, yah mitosnya sih gitu, percaya gak percaya deh..

Lanjut, spot difoto ketiga itu adalah penampakan para anggota geng motor yg lagi foto keluarga, eeh laen, jadi konon tempat kami foto itu adalah singgasananya putri Mayangsari loh, disitu juga ada batu yg mirip kyak kursi kerajaan gitu, yah aslinya sih gak terlalu mirip cuman dimirip-miripin aja.. Yah you know my kamsud lah..

Lalu ada spot keceh apalagi sih.?

Ya udah lah, kalo gue jelasin secara detail bisa jadi satu buku lagi, makanya kalo penasaran dateng dan explore nih tempat..

Eits tunggu dulu, setelah keluar dari mensusur Goa Batu Gelap ternyata ada satu buah goa lagi loh yg bisa kita susur, tapi syaratnya fisik kita masih kuat apa kgak.? berhubung sayang banget udah kesini jadi kita masukin deh goa yg satunya lagi dan beginilah kondisi dalam goa tersebut..
Foto Keluarga
Kena kepala aseli jebol dah tuh
Power Rangers

Jadi nama goa yg baru ini ialah goa landak manteman, mungkin dikasi nama landak karena banyak stalaktit yg lancip-lancip gitu kali yah jadi mirip landak, mungkin juga dikasi nama landak karena dulunya disini adalah tempat persembunyian monster landak ketika dia kalah bertarung melawan Ultramen Taro, mungkin aja sih yah..

Waktu masuk kedalam sini, aseli isi dalam goa landak ini hampir semua langitnya adalah stalktit yg lumayan bisa bikin kepala puyeng kalo kebentur tuh stalaktit, tapi yg menarik disini adalah kalo stalaktitnya dipukul bakal bunyi loh, iya bunyi dan suara bunyiannya itu merdu banget, semerdu gue kalo lagi nyanyi dijamban pas lagi buang hajat..

Trus trus trus ada apalagi.?

Sebenanrnya goa landak ini panjang banget yah, tapi sayang model struktur guanya kyak bertebing-tebing gitu, aselinya gue pengen susur sampe mentok, tapi apa daya dibahu masih tersangkut PEN dan gue urungkan niat untuk mensusur sampe diujung, yah next time kalo PEN dibahu udah lepas gue bakal libas nih goa sampe ujung..

Tiga jam berlalu, akhirnya kami menyudahi acara susur mensusur goa, yah lumayan banget kan bisa susur dua goa sekaligus dan tentunya dengan biaya yg aseli gak menguras kantong, ntar deh gue kasi rinciannya, tapi sebelumnya inilah kelakuan kami diluar goa sembari kembali ke camp..
Kake Abidin lagi pegang tongsis
Hore udah nyampe

Nah yg pegang tongsis itu namanya pak Abidin, dia adalah sesepuh sekaligus pemandu kami disini, orangnya aseli baik dan gahol banget deh pokoknya, liat aja cara dia pegang tongsis, faseh banget kan, sorry yak pak Abidin kalo kita kepoin..

Kalo mau kesini, kita kudu menghubungi Pak Abidin atau pak Rustamin dulu, gak bole asal masuk sembarangan, ntar kesurupan siapa yg menanggulangi cobak, nih CP nya yah..

Pak Abidin -

Pak Rustamin - 0852 5210 2176

Trsu ini ada sedikit infoh buat manteman sekalian soal biaya dan tetek bengek kalo mau menjajal goa batu gelap ini yah..

Tiket masuk per orang - IDR 5.000

Tiket masuk ini wajib dibayar, gak mahal kali kalo cuman segituh, masa beli rokok harga 15 rebo sanggup tapi buat tiket masuk yg cuman 5 rebo doank gak sanggup, apa kata dunia ya kan..

Sumbangan untuk Pemandu dan Parkir - IDR 250.000

Untuk Sumbangan ini sebenarnya tidak dipatok harga, intinya seikhlasnya, berhubung kami ada 17 orang dan kami setuju untuk mengumpulkan 15 rebo perorang, jadi duit 250 rebo itu itungannya gak besar deh, coba aja deh bayangin, 250 rebo itu udah termasuk upah untuk 2 pemandu dan jaga parkir motor kita loh, jadi gak mahal kan..

Jadi, dengan duit IDR 20.000 kita udah bisa menikmati hampir tiga jam mensusur dua buah goa yg fenomenal, keren banget kan..

Akhirnya, ternyata udah panjang juga gue cerita, udah dulu yah manteman, tapi kalo loe mampir di Kaltim atau loe domisili di Kaltim, loe wajib mengunjungi nih tempat, aseli keren dah pokoknya, gak bakal nyesel deh, gue pamit dulu yah, sampe ketemu di cerita selanjutnya.. bay bay..

--------------------===||END||===--------------------

You Might Also Like

28 komentar

  1. kakek kuncenx keren ya bang, pasti seru diguidein ama tuh kake, salam buat kakekx

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi masih lebih kerenan gue kok kaka marsha, jadi sikakek doank yg disalamin, nah salam buat gue gak gitu.. ok fine.. *kemudian bacok-bacokan*

      Delete
  2. Sepertinya guanya memuaskan bgt ya om, saya tertarik sma kolamnya, airnya bisa sampe biru begitu, kira2 bisa dibuat mandi ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh tuh kolam belum gue cobain om, kyaknya ga bisa dibuat mandi deh gegara banyak eek kelelawarnya, jadi gak recomended yah..

      Delete
  3. berarti kalo setiap makan atau ngelakuin apa kudu diritual dulu y mas!!! sepertiy emang rada horor y guay

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu gue disana sih semua diritualin mbak, cuman pas gue eek doank yg gak diritualin.. serius deh..

      Delete
  4. Kok kyny aku belum dpt ya foto dr mas..
    Minta di jual kah yi-nya hahaha :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiih udah kok neng, cuman kita kan beda kelompok makanya fotomu gak ada dikameraku.. :P

      Delete
  5. Kok kyny aku belum dpt ya foto dr mas..
    Minta di jual kah yi-nya hahaha :-P

    ReplyDelete
  6. om ganteng, ajak aku kesana donk, ajaaak yaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maleeees.. kamu kan rempong.. :(

      Delete
    2. bener2 ngajak berantem ya om agus, udah kita musuhan om

      Delete
    3. cie ngambek cie.. lagi dapet yak.. :P

      Delete
  7. itu kalo stalknit kenapa kepala aseli kek kena BARRET bos. kpn maen point blank lagi bos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo headshoot point 100 bos.. wah udah gak maen point blank lagi bos.. maennya COC sekarang.. hahaha..

      Delete
  8. Dulu perasaaan maenx DSLR kok sekarang berubah jadi anak tongsis yee, apa perasaan gw aja ye bang. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeee gini2 kan gue juga pengen eksis bang, bedewei kamera besar selalu gue bawa kok bang, gak pernah lepas.. :D

      Delete
  9. trus pas dibatu jodoh bang agus nyoba juga ga? berhasil ga? nyobany sama siapa?

    "ini semacam kode halus lo"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaannya berasa kyak ditembak pake BARRET, headshoot, double kill..

      *MATIK*

      Delete
  10. klo makananx diritual berarti abang makan bekasx setan donk!!! serem aah bang.

    kmu tampak serasi dgn mba yg pke jilbab hitam itu bang, cieeeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasalah mba klo setan makan bekasx setan, xixixi..

      yg mana yg mana yah.. *tolah toleh cari mba jilbab item*

      Delete
  11. Dari Samarinda ke sana berapa jam bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 2 jam aja kok, gak terlalu jauh bang..

      Delete
  12. wah baru tau gue ada sawah di samarinda...
    setau gue kaltim kayak akan tambang batubara.. gitu doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bentar lagi tuh sawah bakal ilang diganti ama tambang batubara.. huh..

      Delete
  13. mudahan aja nggak jadi tambang batubara yah bang...
    kasian kan petani gak ada sawah buat cari nafkah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tpi petaninya bisa kerja ditambang bang jail.. jdi checker atau apa gitu lah.. hihihi..

      Delete