Ittinerary dan Informasi : 4 Hari Jelajah Sulawesi Selatan (Makasar, Toraja & Maros)

21:17:00

Berhubung banyaknya pertanyaan dari fans-fans fanatik blog ini mengenai gimana sih catper gue waktu di Torajah dulu, eits inget yah catper alias catatan perjalanan, bukan caper apalagi camer, gimana mau punya camer nah sampek tulisan ini dibuat gue masih jomblo.. *kemudian nangis dipojokan keranda*

Sebelum mulai menuliskan tulisan ini, mari kita mengheningkan cipta sejenak untuk mengingat kenangan-kenangan indah bersamamu.. halah apasih iki.. *abaikan*

Ok sekarang mari kita lanjut ketulisan, yuuuk..

Hari Pertama...
Losari dimalam Hari

Dihari pertama ini gue berangkat dari Balikpapan ke Makassar siang hari dengan menggunakan kereta malam eeh pesawat dengan maksud dan tujuan agar bisa sampe di Makassar sore trus malamnya nyangsang di Losari trus bobok..  

Dihari pertama ini setelah dari bandara makassar gue langsung menuju ke hotel yg sudah dipesan sama Pak Fadly, trus gue diajak makan kepala ikan yg berkuah itu loh yg namanya Pallumara, trus malamnya gue dan manteman jalan keliling Losari sampe berasa kaki dikepala dan kepala dikaki.. *peterpan mode on*

Pengeluaran hari Ini 
-> Angkutan umum Handil - Balikpapan = IDR 40.000
-> Tiket Pesawat Balikpapan - Makassar = IDR 530.000
-> Travel dari Bandara Ke Hotel di Losari = Gratis dibayarin Armin karena kita adalah Bonek 
-> Makan Pallu Mara = Gratis dibayarin Babe Fadly
-> Jajan-jajan Cantik = IDR 50.000
=> (Total - IDR 620.000)


Hari Kedua...
Rotterdam

Dihari kedua ini gue memutuskan untuk berpisah dengan rombongan karena alasan waktu, iya gue ditelpon kantor suruh segera kembali 3 hari lagi trus kalo ikut rombongan seminggu lagi baru bisa pulang, jadi gue pisah deh sama temen-temen, nah kan sayang tuh masih 3 hari lagi, jadi gue memutuskan untuk ke Torajah pada hari ini..

Temen-temen kan nyebrang ke Pulau Pribadi siang hari, jadi paginya masih kami sempetkan maen-maen ke Losari lagi dan mampir bentar di Benteng Rotterdam donk..

Nah, untuk ke Torajah nanti kita akan menggunakan bis malam manteman, cara memesan bis ini kita kudu telpon ke PO nya langsung, waktu itu gue make PO Manggala Trans dan No Telp nya 0853 5554 3434 jdi bisa langsung telpon no yg tertera untuk reservasi yeh..

Pengeluaran hari ini 
-> Sarapan Pagi = Gratis dibayarin Babe Fadly
-> Biaya Hotel = Gratis karena gue lupa bayar ama rombongan.. *maaf babe fadly*
-> Jajan-jajan Cantik = IDR 50.000
-> Tiket Bis Makassar - Toraja = IDR 140.000
-> Makan Siang = IDR 30.000
-> Makan Malam = IDR 35.000
=> (Total - IDR 255.000)


Hari Ketiga...
Kete Kesu - Tana Toraja

Dihari ketiga ini gue habiskan full di Torajah karena malamnya ntar gue langsung mau balik ke Makassar dan gue memilih naek bis malem lagi biar hemat biaya penginapan, namanya juga bekpeker ganteng, kudu ganteng orangnya dan juga ganteng otaknya.. *kresek mana*

Tips selama di Torajah ialah sewalah motor manteman karena disini banyak penyewaan motor dan dengan menggunakan motor kita bisa kemana saja sesuka hati kita, nah karena waktu gue kemari ada acara jadi harga motor lagi mahal-mahalnya, syedih gue, padahal biasanya 80 rebo nah ini kena 100 rebo, kan bangke..

Ada tips lagi nih, kalo loe nemuin bekpeker dari luar negeri yg kebetuln jalan kaki seperti yg gue alami, mending loe ajak dia ikut motor loe deh karena di Torajah itu kalo kita masuk tempat wisata bareng ama bule yg terjadi adalah kita gak ikut bayar tiket masuk dan si bule aja yg dikenakan tiket masuk, pas gue tanya kepenjaganya eeh mereka bilang kalo gue dianggap guide, yah lumayan deh kalo gak disuruh bayar, menghemat pengeluaran lagi..
Presiden Indonesia dan Mike

Nah yg foto diatas itu namanya Mike, gue pungut dia waktu dia jalan kaki, tapi berkat dia selama gue ke Londa dan Lemo gue gak bayar tiket masuk karena dianggap guide, rezeki anak sholehah..

Kalo pengen tau apa aja yg gue lakuin selama seharian di Torajah secara lengkap dan gamblang mending langsung baca cerita gue aja di Klik Ini..

Inget yah, gue cuman sehari ditorajah dan malamnya gue langsung balik ke Makassar, catet.. pake polpen jangan pake tenaga dalam..

Pengeluaran hari ini
-> Sewa Motor = IDR 100.000 *mehong cyiin*
-> Sarapan pagi = IDR 20.000
-> Masuk Tempat Wisata Kete Kesu = IDR 25.000
-> Masuk Tempat Wisata Londa = Gratis karena dianggap guide
-> Masuk Tempat Wisata Lemo = Gratis karena dianggap Ultramen eeh guide
-> Makan Siang = IDR 25.000
-> Masuk Tempat Wisata Kambira = IDR 10.000
-> Beli Bensin 2 liter = IDR 18.000
-> Makan Sore = IDR 30.000
-> Tiket Bis Torajah - Makassar = IDR 140.000
=> (Total - IDR 368.000)


Hari Keempat - The Last Day...
Bantimurung

Hari keempat ini aslinya dari Torajah gue langsung mau ke Bandara, tapi berhubung pesawatnya terbang jam 1 siang, jadi masih ada waktu lah buat yah kemana gitu, berkat saran dari temen akhirnya gue maen ke Taman Nasional Bantimurung di Maros.. 

Bantimurung ini kan letaknya di Maros, nah gue kesasar ampe di Pangkajene, mampus dah gue, tapi setelah tanya sana dan tanya sini akhirnya gue bisa juga nyampe di Bantimurung, Alhamdulilah rezeki bekpeker ganteng, halah..

Dan hari ini adalah akhir gue di Sulawesi Selatan, sehabis mencicipin coto makasar dideketnya bandara, gue dengan gak berat hati kudu ninggalin Makasar karena gue udah kangen ama emak gue yg unyu-unyu.. *peluk emak dirumah*

Pengeluaran hari ini
-> Angkot ke Maros plus kesasarnya PP = IDR 35.000 (padahal cuma 7.000)
-> Angkot ke Bantimurung PP = IDR 20.000
-> Tiket masuk Bantimurung = IDR 25.000
-> Makan Coto Makasar = IDR 25.000
-> Ojek ke Bandara = IDR 20.000
-> Tiket Pesawat Makasar - Balikpapan = IDR 485.000
-> Angkutan umum Balikpapan - Handil = IDR 40.000
=> (Total - IDR 650.000)

--= GRAND TOTAL = IDR 1.893.000 =--

Nah itu tadi sekelumit catper gue waktu jelajah Sulawesi Selatan, aslinya sih pengen jelajah lebih banyak lagi tapi apalah daya waktu yg gak memungkinkan. Eeeh kalo sekarang udah enak loh, tiket ke Makassar murah banget, kemaren temen ada yg dapet 300 rebo, murah banget kan, ayo sudah ke Makassar, disana ashek loh..

You Might Also Like

12 komentar

  1. Finally, tulisan yg ditunggu2 muncul jg, tak baca dulu ye bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan kaka.. awas ketagihan yah.. :d

      Delete
  2. itu duit semua ya om??? kgak ada campuran daunx kan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. campur koran dikit kok kaka hihihihi

      Delete
  3. gaya tulisanx selalu bikin saya kangen mas, kocak dan lucu tpi menginspirasi, salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah diapresiasi mas, salam..

      Delete
  4. mau tnya donk om wil. itu sehari udh ckup tuk explore seluruh toraja g om???

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas masih krang donk te, sehari itu cuma dapet beberapa tempat aja, kan toraja luas tante.. sebenarnya minimal 2 hari lah kalo mau puas..

      Delete
  5. Replies
    1. orang yg punya blog ini juga bikin mupeng loh.. xixixi..

      Delete