Air Terjun Bengkirai / Katak KM 38 Samboja Balikpapan - Air Terjun Bermedan KAMPRET

22:07:00

Berhubung banyaknya pertanyaan entah itu di Fesbuk Messenger atau BBM atau media sosial lainnya mengenai air terjun misterius di sekitar Bukit Bengkirai Samboja - Balikpapan, untuk itulah gue menuliskan artikel ini.. yuk mareeeh.. cuuus..

Air Terjun Bengkirai / Katak KM 38 Samboja - Balikpapan.? Emank ada yah.?

Banyak banget pertanyaan yg keluar dari mulut warga Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara dan sekitarnya yg menanyakan perihal itu, maklum aja sih yah karena disini air terjun itu langka banget, selangka daging sapi ketika lebaran tiba, jadi ketika ada info kalo ada air terjun langsung heboh deh..

Air terjun itu emank ada manteman, bahkan air terjun itu belum ada nama resminya, berhubung gak ada namanya jadi gue namain sama dengan nama tempat atau wilayah dia berada aja deh, setuju kan dengan ide gue.? tooos kalo gituh..
Penampakan Air Terjun Bengkirai dan princess ala ala mermaid

Air terjunnya gak tinggi-tinggi amat, gak kyak di jawa sana yg bisa mencapai ratusan meter, wajar aja lah karena di sini emank bukan dataran tinggi, gunung aja gak ada, paling banter yah cuman bukit doank, itupun bukit disini tingginya cuman sekitar 200 mdpl doank..

Kalo ada yg bilang kok airnya coklat.? ya itu tadi, karena airnya melewati tanah bukan bebatuan, jadi airnya gak bisa tersaring secara sempurna dan jadinya masih coklat gitu, tapi walaupun coklat tetep aja kita masak pake air itu dan gue masih sehat dan masih ganteng ampe sekarang kok.. *mulai kepo*

Cara menuju kesana gimana.?

Untuk menuju kemari sebenarnya agak sulit yah manteman, pokoknya ketika sampe di KM 38 Samboja - Balikpapan, kalian ambil arah menuju Bukit Bengkirai, trus sebelum masuk ke Bukit Bengkirai ada sebuah gang kecil dikanan jalan, nah kita masuk disitu..

Masalahnya adalah gak ada plang petunjuk di gang itu, jadi gang itu dikiri kanannya masih hutan lebat dan masalah krusial lainnya ialah hampir semua warga disana gak ada yg tau keberadaan air terjun ini, terbukti waktu gue tanya warga sekitar eeh pada gak ada yg tau semuah.. *matik belanda*

Kalo sudah ketemu gang itu, masukin aja trus kedalam dan gak usah ragu, sama ketika loe suka sama seseorang, jangan ragu untuk menembaknya, kalo ditolak ya cari lagi, halah oposih iki..

Pake kendaraan apa kalo mau kesana.?

Cara menuju kesini hanya bisa menggunakan motor, bahkan sangat disarankan untuk menggunakan motor croos karena medannya super KAMPREET deh, jalan menuju ke air terjunnya itu rusak parah, ancur lebuh kyak abis kejatuhan bom nuklir..
Matic Macet pemirsah
Motor lakik masih berjaya

Kita butuh memacu motor sekitar 3 kilometeran untuk masuk kedalam tekapeh manteman, kebayang kan gimana mengendari motor sejauh 3 km dengan medan kampret kyak diatas, maka waktu itu gue pake motor besar lagi.. *luntur make up berbie*

Setelah kita berhasil menembus 3 km menggunakan motor, kita masih belum sampe manteman, kita masih harus tracking lagi sejauh 2 km loh, mampus mampus dah loe..

Jangan bermimpi medan trackingnya bagus, medan trackingnya lebih parah ancurnya timbang medan yg dilalui pake motor, kadang kalo gak hati-hati bisa langsung terpeleset cantik kyak difilm-film hollywood gitu deh..

Kita bisa ngapain aja disana.?

Walaupun airnya coklat, tapi setidaknya bisa dipake buat mandi ala-ala mermaid gitu sih, tapi jangan dipake buat nyelem yah karena gue jamin gak bakal keliatan, sama deh kyak hilal kalo lagi Ramadhan tiba, suka banget gak keliatan..
Formasi lengkap
para gadis gadis
para fotomodel majalah yasin

Kami aja yg tau kalo airnya coklat kyak abis ke siram milo satu pabrik aja tetep nyebur kok, sayang donk udah tracking capek-capek eeh gak nyebur, lumayan lah buat menghilangkan sebagian lumpur yg belepotan disekujur tubuh gue,, halah..

Bahkan tau gak sih loe.? kita sempet masak dan kita masaknya pake air ini, serius deh.. yg lebih fenomenal lagi adalah waktu perjalanan balik kami menggunakan air coklat ini sebagai bekal perjalanan untuk tracking pulang..

Rasanya kyak gimana.? hmmm jangan tanya lagi deh, kayak makan tanah deh manteman..

Bisa dipake buat ngecamp gak.?

Kalo untuk ngecamp sebenarnya ada tanah lapang yg muat untuk tiga tenda yah manteman, tapi gue gak yakin aman atau gak kalo kita kemping dimari, maksud aman disini ialah aman dari luapan air terjun karena tempat ngecampnya pas disebelah aliran air terjun..

Trus aman yg kedua ialah aman dari binatang buas, karena air terjun ini masih dalam kawasan hutan belantara jadi bisa aja masih banyak ular yg segeda anconda berkeliaran dimari, loe gak mau kan pas asik-asik tidur eeh pas kebangun sebagian tubuh loe ada didalam mulut ular.. sereem..

Trus aman yg ketiga ialah dari penduduk lokal, kita kan gak tau isi hati orang kyak gimana, mana air terjun ini masih bersifat ilegal lagi, gak tau deh tiba-tiba pas malam ada orang yg nempelkan golok dileher kita trus berbuat yg gak gak kan..

Ya itu aja sih yg bisa gue kabarkan seputar air terjun bukit bengkirai km 38 di Samboja - Balikpapan, semoga bisa memberikan info jelas yah, sampe ketemu lagi diartikel selanjutnya.. bay bay..

------------=||end||=------------

You Might Also Like

33 komentar

  1. saya serem kalau ngebayangin ularnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana ular disni gedenya kyak batang pohon loh bunda.. :(

      Delete
  2. air terjunx sih biasa ya om, tpi trackingx yg kekx luar binasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu benar sekali om.. *luntur make up princess*

      Delete
  3. Itu kok bisa motor matic maksa masuk medan kek gitu emang gak ada informasi sebelumnya.. klo medan begini ada dirombonganku pake matic tak suruh balik kanan langsung... untung cuma jalan lumpur, kalo di ntt jalan lumpur plus turunan tajam jadi salah langsung wassalam.. gimana tertarik kesini? hahaaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwaaa kita kan emank ga tau om tiar, ini aja kita buka jalan loh, untung aja tembus.. kemaren pas di NTB gw mau sekalian ke NTT om, tapi apa daya waktu gak cukup.. syeediih..

      Delete
  4. Medannya gila euy, penuh perjuangan banget tuh buat kesana. Bener-bener belantara ya. Tapi seru juga keknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget pokoknya kaka Eli, pokoknya belantara deh.. asek loh, yuk kesini.. :D

      Delete
  5. klo di ajak kesitu lagi aku mau bw papan seluncur mas hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gw udah ogah kesana lagi neng.. ogaaaaah.. kecuali bawa motor trail..

      Delete
  6. ane tersesat di mane nih ... blog ini boleh juga nih. numpang lewat om, ceritanya keren , kapan2 kalau masih ada nafas keluar masuk dari hidung mampirlah ke KalBar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap bang fajar, gw emank ada rencana ngetrip ke kalbar nih, semoga bisa terwujud dan meet up bareng ente ye bang..

      Delete
  7. jalur masuknya lewat mana nih, yg simpangan sebelum bengkirai itu maksudnya jalan besar berarti ya,baru belok kanan?

    ReplyDelete
  8. jalur masuknya lewat mana nih, yg simpangan sebelum bengkirai itu maksudnya jalan besar berarti ya,baru belok kanan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap bener banget, simpangan sebelum bengkirai yg ada pembatas pinggiran jalan itu loh om dede, tau kan tau kan, pasti tau donk..

      Delete
  9. Yg air terjun katak itu berarti ya?
    Yg skrg ada warungnya di depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi abis liat diberita katanya namanya udah jadi air terjun katak..
      waduh klo soal warung gak tau eeh, dulu pas kesana masih belum ada apa2nya.. kosong melompong.. hihihi..

      Delete
    2. Yg ada warung itu sumber airpanas tp gk b8sa pake motor ksananya

      Delete
    3. wah ini ada info terbaru dari bang zul.. soalnya gw udah lama gak kesana jdi gak tau perkembangan terbaru.. hihihi..

      thanks anyway bang zul..

      Delete
  10. Aduh, saya tidak tega kalau lihat motor matik terjebak kayak gitu hahahaha, kadang kalau touring sama teman dan tujuannya ke tempat yang jalannya susah itu, selalu saya minta "jangan pakai matik!" itu mutlak, sebagai bagian dari persiapan yang baik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi untung kami bisa melewati ini semua walaupun ada adegan jalan kakinya juga sih akhirnya.. memang motor matic gak recom kalo dibawa ketempat yg beginian.. syusah..

      Delete
  11. Itu yg jalur pemandian airpanas kh. Apa ngikutin anakbsungai aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini yg ngikutin anak sungai bang zul..

      Delete
  12. balikpapan kan kota?,kok ada hutannya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipinggiran kotanya donk, masih banyak hutannya kok di bpp broh..

      Delete
  13. Masih inget thn 2015 pulang dr batu dinding langsung main kesana pake motor matic 😂 bener2 belantara. Tapi pas semalem gak bisa tidur iseng2 jalan2 kesana kok malah bingung ya cari jalan masuknya 😑

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius 2015 kesana, gw jg kesana pas 2015 bulan mei om daus cuma nulisnya aja baru sekarang, jgn2 kita pas kesana barengan yah.. nah loh..

      Delete
  14. Didekat tekapeh ada rumah penduduk ngga bor

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ga ada bang, masih hutan banget..

      Delete