Liburan Cantek di Pulau Beras Basah Bontang

15:13:00

Pulau Beras Basah.? Pulau apaan tuh.?
Pulau beras basah itu ya pulau, jadi dia adalah pulau yg indah, cantek, menarik dan layak untuk dikunjungi bersama teman, keluarga, pacar atau selingkuhan sekalipun, mantan gak masuk nominasi.. #kejam #daripadabaper
Pulau Beras Basah dikala Fajar (dok. pribadi)

Pulau beras basah berasal dari dua konsonan kata yaitu beras dan basah. Konon dahulu kala ketika nenek dan kakek kita lagi memasuki masa-masa puber, ada sebuah kapal dagang dari Sulawesi yg membawa muatan penuh berisi beras, ya iyalah beras, kalo bawa sempak ntar namanya jadi pulau sempak basah donk.. *abaikan*

Nah, kapal yg membawa beras tadi karam pemirsah karena menabrak ranjau laut yg dipasang sama Angkatan Laut Jepang.. *sumpah ini bohong*

Jadi kapal tadi menabrak karang dan karamlah dia, trus muatan beras tadi tercecer kemana-mana bahkan menutupi sebagian permukaan air dan jadilah sebuah ladang gandum, eeh salah, sebuah pulau. 

Oleh masyarakat sekitar akhirnya pulau dari beras yg basah tadi dinamakan pulau beras basah, begitu sih ceritanya..

Letaknya pulau Beras basah dimana.?
Pulau beras basah secara administratif (ceileh bahasa gue) letaknya masih di Kalimantan Timur, tepatnya di kota Bontang.. Tau kota Bontang.?

"Gak Tau"

Bagoos.. Gue jelasin kalo gitu..

Nah, Bontang itu adalah sebuah kota penghasil Gas alam terbesar di dunia loh, masa gak tau sih, gak pernah mbaca deh nih pemirsah, gimana Indonesia mau maju kalo masyarakatnya gak pernah mbaca.. huh mermaid sedih..

Padahal gue juga gak tau loh, berhubung mau nulis artikel ini makanya gue juga baru tau kalo tentang itu semua.. #peace *kemudian dijambak sama pemirsah*

Selain menghasilkan gas alam, kota Bontang juga memproduksi pupuk loh, tau pupuk kan.?

Pupuk itu adalah salah satu cara untuk menenangkan teman kita yg lagi galau, gelisah dan merana akibat putus cinta atau patah hati atau semua yg berkaitan dengan masalah hati.. *itu Puk Puk cooook*

Cara menuju kesana gimana donk.?
Untuk menuju ke pulau beras basah ini gak sulit yah, ada banyak cara yg bisa kita gunakan, tapi yg pasti kita harus ke kota Bontang dulu dan sesampainya di kota Bontang tempat yg akan kita tuju ialah pelabuhan Tanjung Laut, nah dari pelabuhan itulah kita akan nyebrang menuju Pulau Beras Basah, cuuus..
Pelabuhan Tanjung Laut (dok. neneng)

Berhubung gue kemari pake motor jadi ya ceritanya gak happy ending kyak film korea, tapi tenang manteman semua, gue udah pernah nyoba backpackingan kemari kok..

Bagi para backpacker dari luar pulau, luar daerah, luar negeri, maupun luar angkasa, gue kasih tips backpacking kemari yah, yuk mari.. ikuti point per pointnya yah.. 

Catet, ini meeting point dari bandara Sepinggan Balikpapan yah, kalo kebetulan loe dari pelabuhan Semayang Balikpapan gue mohon maaf karena belon nyoba, tapi sepertinya cuma bedan angkot aja kok menuju Terminal Batu Amparnya..
Rute
Transportasi
Biaya
Bandara Sepinggan BPPN - Terminal Batu Ampar KM.4 BPPN
Angkot No 2A
5.000
Terminal Batu Ampar BPPN - Terminal Sei. Kunjang SMDA
BIS (Non AC)
30.000
Terminal Sei. Kunjang SMDA- Pasar Pagi SMDA
Angkot Ijo
5.000
Pasar Pagi SMDA- Terminal Lempake SMDA
Angkot Merah
10.000
Terminal Lempake SMDA - Terminal Pusat Bontang
Bis (Non AC)
30.000
Terminal Pusat Bontang - Pelabuhan Tanjung Laut Bontang Angkot 5.000
Pelabuhan Tanjung Laut - Pulau Beras Basah
Kapal Kayu
750.000
Catatan Penting :
  1. BPPN itu kepanjangan dari Balikpapan, bukan Balai Pencari Pemuda Ningrat siap menikah..
  2. SMDA kepanjangan dari Samarinda, bukan Suka Ma Dia Argh, tapi nyatanya dia gak suka, nasib loe jelek tong..
  3. Untuk nyebrang kita menggunakan kapal kayu yg bisa dimuat hingga 20 orang, jadi kita bisa sharecost pemirsah, itu IDR 750.000 harga perkapalnya, mau dinaikin berapa manusiapun tetep segitu harganya

Kebetulan kita nyampe di pelabuhan Tanjung Laut sore jadi dapet sunset yg super cantik deh, secantik dedek-dedek gemesh di moll kalo pas ada penayangan film baru.. uuuurgh..
Sunset dari kapal (dok. neneng)

Perjalanan menggunakan kapal kayunya lumayan lama loh, gak sampe seharian juga sih, paling cuman sejaman doank, gue saranin yg mabok laut bawa antimo atau anti mabok lainnya soalnya kadang ombaknya bisa gede, jadi lumayan bisa bikin puyeng..

Bisa ngecamp gak di pulau Beras Basah.?
Tentu bisa donk, jadi pulau beras basah ini luamayan luas yah, kalian bisa hampar tenda dimana aja, diatas air juga bole asalkan tenda kalian adalah tenda amfibi punyanya pasukan katak.. emank ada.? gue juga gak tau, asal ngomong doank tadi..

Trus kalo mau hammockan juga bisa karena disini banyak banget pohon kelapa dan pohon-pohon lainnya, tapi sebelum pasang hammock coba dulu deh kekuatan pohonnya soalnya pas gue pasang hammock eeh pohonnya patah.. merasa bersalah deh gue.. *emot syedih*
Ayo ngecamp (dok. pribadi)

Berhubung malam ini adalah bulan purnama, jadi tanpa penerangan pun sudah keliatan deh jelek gue, bagi yg suka mojok juga kecian banget, bakal ketauan kalo lagi pengen mojok.. eaaak..

Bedewei, bulan malam ini cantik..

Serius bulan malam ini cantik.? iya cantik banget kayak kamu.. *nunjuk kuntilanak yg lagi nangkring dipohon cabe*
bulan purnama (dok. pribadi)

Kalo kebetulan kalian gak bawa tenda atau hammock, tenang ajah manteman karena disini banyak banget gazebo yg bisa dipake buat tidur, cuma kalo ujan ya wassalam deh..

Tapi inget, gue saranin tetep bawa tenda yah karena mana tau ujan kan, gak enak loh tidur basah-basahan, apalagi kalo udah basah trus sendirian lagi, huh ngerti kan maksud gue..

Bisa ngapain aja di pulau Beras Basah.?
Banyak banget yg bisa kalian lakuin disini, pertama kita bisa snorkeling gak jelas ala-ala mermaid atau dugong terdampar gitu loh, airnya biru dan bersih banget, sumpah betah banget deh kalo berenang dimari..

Untuk spot snorkeling yg keren sebenarnya ada di seberangnya lagi yaitu di pulau segajah namanya, kita bisa kok minta tolong sama om-om kapal buat nganterkan kesana dan kalo gak salah kita gak bakal diminta tarif tambahan lagi..

Trus gue ngapain disana..? nyelem gak.?

Berhubung gue gak kuat nyelem atau berenang-berenang cantik kyak ikan mas koi gegara bahu gue yg patah agak semriwing-semriwing gimana gituh jadi ya mainnya dirada-rada pinggiran aja deh.. *jadi malu deh*
Kumpulan mermaid (dok. neneng)
mboh iki opo, kyaknya lagi training Sea Survival (dok. windy)
pemandangan dibawah air (dok. neneng)

Gak puas cuman main air, kalian bisa mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki, gak bakal bikin gempor kok, cuman berasa kyak lagi tawaf aja, kalo bisa muterin sampe 7 kali bisa mabrur beneran deh loe..

Trus gue muterin nih pulau sampe 7 kali gak.?

Ya jelas gak lah, buat apa cobak.. 

Nah, dipojokan pulau, ada mercu suar gitu deh, tinggi banget, ya jelas tinggi lah namanya juga mercu suar kan, kalo pendek ntar dikira lubang masuknya sarang burung walet lagi..
Pinggir pantai (dok.pribadi)
Mercusuar (dok. pribadi)

Gimana.? keren banget kan pulaunya, aslinya masih pengen lama lagi sih dimari, cuman berhubung senin udah pada kerja yah cuma bisa sehari semalem doank dimari.. syedih kan.. *udah iyain ajah*

Kapal yg kita sewa tadi itu sudah termasuk pergi pulang dan main dipulau segajah loh, jadi kalo udah pengen pulang tinggal telpon aja ntar dijemput deh ama kapalnya, jadi kapalnya emank gak stay disana, abis nganter kita ya dianya pulang..

Sekilas Info Penting
Ada beberapa point penting lagi yg sepertinya pemirsah sekalian kudu ketahui yaitu cek dibawah ini..
  • Disini udah ada musholla dan toilet loh, cuman airnya beli sendiri, per jerigen 5 literan dihargai 5 rebo perak..
  • Untuk warung makan juga ada tapi dihari libur aja bukanya.. kalo dihari lain gue gak tau sih.. kapan-kapan gue cek lagi yah
  • Spot snorkeling adanya di pulau seberang yg bernama segajah, bilang aja sama om-om kapalnya ntar dibawa kesana kok..
  • Ada banana boat juga loh cuman lagi-lagi adanya dihari libur dan untuk bisa make banana boat kita dikenakan biaya 25 rebo per orang..

Itu dia sih yg bisa gue corat coret dikit soal pulau Beras Basah di Bontang, kalo kurang berkenan ya jangan dibaca, kalo ada yg mau ditanyakan bisa langsung koment dibawah ya, jangan diatas soalnya diatas gak ada kolom komentar..

Thanks anyway.. salam.. *tooos*

You Might Also Like

20 komentar

  1. naksir sama foto bulan, pake kamera apa mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake fujifilm om, punyanya cuma itu doank sih om.. :(

      Delete
  2. salam buat mba neneng yak om, fotona keyen keyen, pasti mba neneng yg jilbab item ituh kan, hayok ngaku hayok

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap ntar disalamkan yak, itu yg berenang namanya mba windi, klo yg jilbab item namanya mba fatwa, oh iya mba nenengnya gak ada yah.. :(

      Delete
  3. mirip pulau G dibanyuwangi mas. ayo mampir dikota saya banyuwangi mas. tak ajak keliling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap In sya Allah maen2 ke banyuwangi om, guidein yah om.. hihihi..

      Delete
  4. Pulau Air Tajin ada gak? Wkekek :p

    Ah pulaunya indah. Jadi pengen mantai :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air yg tertukar aja yg ada beb.. xixixi..

      mantai sambil hammockan yah beb, aaah senangnya.. :D

      Delete
  5. Ada juga ya Pulau namanya Pulau Beras Basah. Aya aya wae

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwakakakak, jangan salahkan gw om gun, salahkan yg beri nama yee.. "sungkem om"

      Delete
  6. iiiihhhh sumpah keren banget!! Itu airnya jernih bangeeeeettt....
    pengeeeen ke sanaaaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aseli deh keren abis kaka ginci, ayo kalo mau kesana biar abang anterin.. eeeh... :D

      Delete
  7. Pasti mantan mu dah menemukan penganti mu lalu kamu masih susah move on yaaa hua hua hua
    Btw aku udah beberapa kali ke pulau beras basah ini yang cuman selemparan kancut dari bontang

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeeh kok tau om cum, oh iya om cum kan juga gitu yah, wekekeke..

      asik kan om, lumayan lah buat refreshing tipis2.. hihihi..

      Delete
  8. cocok untuk yang mau nyepi nyepi ya
    btw ... jadi sebelum namanya jadi pulau Beras Basah apa dong ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa jg sih bang soalnya kadang rame banget.. hiks..
      hmmm kyaknya namanya cuma itu deh, sebelum dapat nama beras basah mungkin namanya pulau basah beras, eeh dibalik yah.. hihihi..

      Delete
  9. hai Agus, salam kenal ya. Instead of penasaran pengen ke pulau ini, aku malah ngakak baca cara berceritamu, whahahaha. Demen sama model-model posting yang begini. Duh ini gimana deh cara follow blogmu, secara aku pake wordpress. hiks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai imelda, salam kenal yak.. fufufufu..

      hihihi, seneng deh kalo ada yg sampe ngakak apalagi terhibur dengan tulisan gue ini.. duh emank dari dulu gak bisa sih kalo wordpress mau follow blogger, gak tau kenapa, mungkin mereka pernah jadian trus putusan kali yah.. eeeh..

      Delete