Ittinerary & Info : Pendakian Gn. Latimojong via Desa Karangan

22:50:00

Gn. Latimojong, apaan sih itu.?
Jadi Latimojong itu adalah sebuah gunung yg terletak di kota Enrekang, gunung Latimojong masuk ke dalam salah satu Seven Summit of Indonesia loh dan dia menempati urutan ke-5, cakep gak sih, karena dia masuk ke jajaran Seven Summit of Indonesia makanya udah lama gue pengen ngedatengi gunung ini dan Alhamdulilah bisa berkunjung kemari.. *kemudian sujud sukur*

Gunung Latimojong ini mewakili pulau Sulawesi loh manteman dan menurut gue walaupun nih gunung gak tinggi tapi medannya asoy dah, penuh perjuangan banget, hampir mirip kyak merjuangin kamu loh, cuman bedanya kalo kamu udah diperjuangin tapi gak ngerespon balik, ya udah gue balik kanan deh.. *cie curcol cie* #cowoklemah
Puncak Rante Mario - Gn. Latimojong

Gunung ini sepi banget manteman, mungkin sesepi perhatianmu kepadaku, tsaaaah.. gak kyak Rinjani yg sampe antri-antri kalo mau mendakinya, sepanjang perjalanan mendaki jarang banget gue berpapasan dengan pendaki lain, gue gak tau kenapa nih gunung gak serame Rinjani padahal dia masuk dalam jajaran Seven Summit of Indonesia loh..

Gue sempet menuliskan 3 artikel yg bisa dijadikan referensi dan pembuktian bahwa betapa asoy dan mengerikannya perjuangan untuk mencapai gunung ini, cuuus dibawah ini..




Nah udah dibacakan, inget yah dibaca jangan diliatin doank, gak berfaedah kalo diliatin doank, tapi lebih gak berfaedah kalo dibaca soalnya isi tulisannya gak ada yg berfaedah sama sekali, tapi walaupun gak berfaedah tulisan gue bisa bikin pembaca terhibur kan.. *malah bikin pembelaan*
-----
Transportasinya kyak gimana.?
Untuk transportasinya sendiri sebenarnya terserah para pembaca sekalian yah, mau naek naganya indosiar juga bisa, kalo gue sih berhubung melintasi pulau jadi ya mending naek pesawat lah, pengen sih naek kapal cuman makan waktu, mana gue juga kadang-kadang gak tahan ama gelombang lagi, hueeek..

#Pergi
Destinasi
Transportasi
Biaya
Balikpapan - Makasar Pesawat Lion Air IDR 700.000,-
Bandara Makasar - Enrekang - Pasar Baraka
Avanza
IDR 220.000,-
Pasar Baraka (KPA Lembayung) - Desa Angin-angin
Jeep  IDR 50.000 
Untuk mobil Avanzanya sendiri kalian bisa pesan sebelumnya kepada temen atau keluarga kalian di Sulawesi sono seperti yg kami lakukan, berhubung temen kami punya keluarga di Sulawesi jadi kami pake mobilnya keluarga temen kami yg ikut dalam pendakian, begitu sih..

Trus gimana kalo yg gak punya keluarga..???

Tenang aja, kalian bisa nyarter mobil kok, ketika kalian keluar dari Bandara Makasar maka diluar bandara udah banyak buanget charteran avanza yg siap mengantarkan anda kemanapun kalian mau, asal jangan kekahyangan aja, ntar ketemu mimi peri lagi, tapi jangan lupa dinego yah..

Untuk Jeep kita gak perlu repot mencari yah karena jeep ini sudah tersedia di KPA Lembayung, jadi bilang aja sama sopir avanzanya buat ngantar kita ke KPA Lembayung yg ada di sebelahnya Pasar Baraka, done deh

#Pulang
Destinasi
Transportasi
Biaya
Desa Angin-angin - Pasar Baraka (KPA Lembayung) Jeep IDR 50.000 
Pasar Baraka - Enrekang - Bandara Makasar
Avanza IDR 220.000,-
Makasar - Balikpapan Pesawat Lion Air IDR 450.000,-
Untuk transportasi pulang sendiri hampir sama kek susunan pidato diatas yah, tinggal dibalik aja, tapi baliknya jangan cepet-cepet ntar tumpah lagi.. *ini mbahas apaan sih.?*

Note : untuk biaya keseluruhan ada ditulisan paling bawah yah..
-----
Ittinerary dan Peta-nya donk Kaka.!!!
Pertama-tama kaka kasih peta dulu yah sebagai gambaran kasar, nah pada peta kali ini start awalnya dari desa karangan sedangkan kami memulai perjalanan dari desa-angin-angin, gak ada yg berubah kok karena pada akhirnya kami juga harus ke desa karangan..

Sebabmusabab kami memuli perjalanan dari desa angin-angin ya karena jalan yg masih rusak dan dalam perbaikan, mau gak mau kami harus jalan ke desa karangan karena mobil gak bisa lewat, hiks sedih ya, waktu terbuang hampir 3 jam, fiyuuuh..
Doc : Arcopodo IDN

Nah diatas itu adalah peta kasar yg gue ambil dari Arcopodo Store, kalo sudah punya pandangan kayak mana medan di Latimojong maka kalian tinggal liat ittinerary dibawah ini sebagai persiapan kalian ketika akan mendaki gunung ini, yuk cus langsung liat kebawah, jangan keatas soalnya diatas cuman genteng doank.. Apasih..

Ini Ittinerary nya yah..

Hari Pertama
Jalan Rusak - Desa Angin-angin 16:00 - 17:45 1 jam 45 menit
Hari Kedua
Desa Angin-angin - Desa Karangan 07:30 - 09:45
2 jam 15 menit
Desa Karangan - Pos 1 10:00 - 12:00
2 jam
Pos 1 - Pos 2 (Rehat Makan)
12:00 - 15:00
3 jam
Pos 2 - Pos 3
16:30 - 18:00
1 jam 30 menit
Pos 3 - Pos 4
18:30 - 20:30
2 jam
Pos 4 - Pos 5
21:00 - 24:00
3 jam
Hari Ketiga
Pos 5 - Pos 6
12:40 - 13:20
40 menit
Pos 6 - Pos 7 13:35 - 15:10 1 jam 35 menit
Pos 7 - Puncak Rante Mario 15:25 - 16:45 1 jam 20 menit
Puncak Rante Mario - Pos 5 (Turun) 18:00 - 20:45 2 jam 45 menit
Hari Keempat
Pos 5 - Pos 2 10:00 - 13:00
3 jam
Pos 2 - Desa Karangan 13:30 - 16:30 3 jam
Desa Karangan - Desa Angin-angin 17:00 - 20:15 3 jam 15 menit
Desa Angin2 - Jalan Rusak (nunggu jeep) 21:30 - 23:30 2 jam
Beberapa catatan penting yg harus diperhatikan :
  1. Berhubung waktu kami mendaki jalan menuju desa karangan rusak jadi kami berhenti ditengah jalan lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, nah mungkin beberapa bulan kemudian jalanan bakal bagus jadi ittinerary gue yg dihari pertama bisa kalian skip..
  2. Di hari kedua dan ketiga kami melakukan hampir setengah perjalanan di malam hari makanya waktu pendakiannya agak lambat banget, jika kalian mendaki disiang hari pastinya akan lebih cepet lagi timbang malam hari..
  3. Sumber air ada di desa Karangan, pos 2, pos 5 dan pos 7.. Disarankan ngecamp di pos 5 kalo kemaleman, tetapi lebih disarankan lagi ngecamp di pos 7 kalo waktunya cukup..
  4. Dihari keempat kami hajar habis-habisan karena keesokan harinya hampir separuh dari temen kami udah harus balik kekotanya masing-masing, kami aja nyampe di KPA Lembayung jam 2:30 dini hari dan temen-temen langsung naek avanza untuk menuju bandara Makasar..

Biaya Keseluruhannya Donk ???
Untuk biaya keseluruhan lagi-lagi tentative yah, tergantung amal dan ibadah para pendaki sekalian, tapi gak apa-apalah gue share buat patokan temen-temen yg mau kemari dan ini biaya per bulan Desember 2016 loh, gak tau besok-besok dollar naek kan pasti bakal berubah.. tapi cintaku kepadamu gak akan pernah berubah kok.. "halah"

Dibawah ini adalah rincian biaya pengeluaran kami selama akan melakaukan pendakian Gunung Latimojong.. cuus ketekapeh..

Jenis Biaya
Perincian
Total Pengeluaran
Tiket Pesawat Balikpapan - Makasar
-
IDR 700.000
Transportasi PP Bandara Makasar - Enrekang IDR 220.000 x 2 (PP) IDR 440.000
Logistik rame-rame untuk 4 hari pendakian IDR 1.400.000 : 14 O IDR 100.000 / O
Logistik untuk pribadi
-
IDR 100.000
Jeep PP Desa Karangan - Pasar Baraka IDR 50.000 x 2 (PP) IDR 100.000 / O
Oleh-oleh buat AMBE di desa Angin-angin
-
IDR 50.000 / O
Tiket Pesawat Lombok - Balikpapan
IDR 450.000
Ket : O = Orang || PP = Pulang Pergi

TOTAL :
IDR - 1.890.000,-
-------------------------
Ok pemirsah, itu tadi sedikit info yg bisa gue bagi buat temen-temen sekalian, gue berharap semoga info ini bisa bermanfaat yah.. AMIIIN..  Salam Mbak Lastri.. eeh Salam Lestari..
--------------------===||end||===--------------------

You Might Also Like

3 komentar

  1. Baru tau tentang gunung ini, apalagi ternyata masuk seven summit. Seru ya naik2 gunung gini, meski kapok pasti bakalan balik lagi, hehe. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru bgt kak, ayo nyoba kak dijamin ketagihan loh.. hihihi

      Delete
  2. Bang boleh tau info harga mobil2nya ga. Thx ya

    ReplyDelete